Negara

Putu Artha: Parade Seni Budaya Bukan Tontonan Pejabat

Jumat, 02 Agustus 2013 | 20:43 WITA

Putu Artha: Parade Seni Budaya Bukan Tontonan Pejabat

google.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM

   Males Baca?

Beritabali.com. Negara. Kabupaten Jembrana genap berusia 118 tahun pada tanggal 15 Agustus 2013. Selain itu waktu yang hampir bersamaan bangsa Indonesia juga memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 68 pada tanggal 17 Agustus, selain itu pada tanggal 14 Agustus juga merupakan HUT Provinsi Bali yang ke 55.

Bupati Jembrana I Putu Artha dalam keterangan persnya dihadapan wartawan cetak dan elektronik Kamis (1/8)  di Cafetaria Hotel Jimbarwana mengungkapkan, Tema yang diusung dalam HUT Kota Negara ke 118 adalah Prādnya Sewaka Satya Prāja yang berarti Setia Mengabdi kepada Rakyat dengan Kebijaksanaan.

Peringatan HUT Kota Negara ke 118 akan dilakukan selama sebulan penuh dengan berbagai macam kegiatan seperti pertandingan olahraga yang sudah dimulai pada tanggal 29 Juli 2013 lalu. Selain kegiatan pertandingan olahraga juga diisi dengan kegiatan pementasan seni budaya, pelatihan jurnalistik dan masih banyak kegiatan lainnya.

Sedikitnya selama sebulan tersebut terdapat 54 jenis kegiatan. Salah satu kegiatan yang terbilang baru dalam peringatan HUT Kota Negara ini adalah Fashion Show Endek yang akan diikuti oleh pegawai Pemkab Jembrana, BUMN, BUMD dan siswa SMA dan SMK se-Jembrana. Fashion Show dengan pakaian khusus Endek ditujukan untuk melestarikan dan meningkatkan kain produksi lokal Jembrana yang kini sedang menggeliat dan diminati masyarakat Jembrana.

Sedangkan hiburannya masyarakat Jembrana akan dihibur dengan pementasan kesenian termasuk komedian Nasional Bukan Empat Mata Tukul Arwana Cs.

Lebih lanjut Bupati Artha mengungkapkan, peringatan HUT Kota Negara ke 118 ini, akan benar-benar menjadi milik masyarakat Jembrana. “ Peringatan HUT Kota tahun ini, tidak hanya untuk orang kota saja, tetapi untuk orang desa juga" ungkap Artha.

Untuk itu lanjut Artha, puncak peringatannya tanggal 31 Agustus 2013 yaitu Parade Seni Budaya akan dikemas berbeda dengan tahun sebelumnya. Kesan Parade Seni Budaya hanya untuk pejabat tidak bakal terulang lagi. Pelaksanaan Parade Seni Budaya rutenya dipindah dari sebelumnya di Jalan Sudirman ke Jalan Ngurah Rai yang padat dengan penduduk. Startnya di depan SMA Negeri 1 Negara dengan melintasi pusat kota Negara dan berakhir di Puri Negara.

Tidak hanya itu panggung kehormatan pun tidak lagi di awal tetapi di akhir sehingga masyarakat dapat menyaksikan kirab seniman di sepanjang jalan. Selain akan diikuti seniman Jembrana, juga akan dimeriahkan oleh seniman kabupaten kota se-Bali. Bahkan sejumlah kabupaten/kota diluar Bali juga direncanakan turut memeriahkan Parade Seni Budaya.

“ Saya berharap dan menghimbau seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta secara aktif dalam setiap kegiatan sekaligus menyukseskan kegiatan peringatan HUT Kota Negara ke 118 ini,“ pungkas Artha. (Jsp)
 


Jumat, 02 Agustus 2013 | 20:43 WITA


TAGS: parade budaya




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: