DPRD Bali : Nusa Dua Fiesta Minim Partisipasi Seniman Lokal

Sabtu, 19 November 2016 | 20:05 WITA

DPRD Bali : Nusa Dua Fiesta Minim Partisipasi Seniman Lokal

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM

   Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Anggota DPRD Bali Wayan Tagel Arjana mengkritisi kegiatan "Nusa Dua Fiesta (NDF)" 2016, karena partisipasi seniman lokal masih sangat minim.
 
"Saya amati susunan acara pelibatan seniman lokal sangat minim dibanding 'tagline' yang diusung untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan asing ke Bali," katanya di Denpasar, Sabtu.
 
Dana yang cukup besar dalam Nusa Dua Fiesta, ujar Tagel, semestinya bisa memberi ruang kepada seniman lokal dan lebih banyak mengisi acara tersebut. Karena wisatawan asing datang ke Bali ingin menikmati hiburan seni budaya masyarakat setempat, apalagi peserta pameran kerajinan dan promosi pariwisata diikuti juga dari sejumlah daerah di Indonesia. 
 
"Wisatawan asing justru mereka bosan dengan kesenian modern," ujar politikus asal Kabupaten Gianyar ini.
 
Ia mengharapkan panitia seharusnya sudah mempersiapkan secara matang, sehingga seniman lokal lebih banyak bisa tampil di panggung hiburan pada NDF yang diselenggarakan di Pulau Peninsula selama lima hari hingga Minggu (20/11).
 
 
"Sebagai perusahaan milik BUMN, pihak ITDC semestinya memberi ruang kepada seniman lokal lebih banyak tampil di ajang tersebut, bukan sebaliknya lebih menonjolkan kesenian berbau modern," ucapnya.
     
Ia berharap ke depan pihak penyelenggaran NDF lebih kreatif dan inovatif serta pelibatan masyarakat lokal dalam kegiatan tersebut, sehingga anggaran dana yang cukup besar juga dirasakan masyarakat setempat.
 
Seorang pemerhati budaya, Sarjana, mengatakan pelibatan kesenian lokal pada tahun ini memang sangat sedikit, terlebih publikasi di media lokal sangat minim sekali, dibanding tahun sebelumnya.
 
"Kalau saya perhatikan pelibatan seniman lokal sangat sedikit. Kita tidak tahu konsep NDF tahun ini. Karena itu warga juga tidak tertarik datang ke sana," ucapnya.
 
Sementara Ketua Umum Panitia NDF yang juga Direktur Operasional ITDC Anak Agung Ngurah Wirawan mengatakan anggaran untuk kegiatan NDF Ke-20 tahun 2016 sebesar Rp 4,5 miliar, meningkat dari tahun sebelumnya hanya sekitar Rp 2,5 miliar.
 
Ia mengatakan penyelenggaraan NDF kali ini menggunakan konsep baru, sebagai pesta mingguan penuh di kawasan Nusa Dua, berupa rangkaian kegiatan yang tiada henti dari pagi hingga sampai malam hari.[bbn/psk]


Sabtu, 19 November 2016 | 20:05 WITA


TAGS: nusa dua




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: