Gubernur Pastika: Hubungan RI-Timor Leste Harus Berjalan Baik

Rabu, 30 November 2016 | 00:00 WITA

Gubernur Pastika: Hubungan RI-Timor Leste Harus Berjalan Baik

Resepsi peringatan HUT ke-41 Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Demokratik Timor Leste yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Timor Leste di Bali. [source: istimewa]

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM

   Males Baca?

Beritabali.com - Denpasar. Sebagai bangsa yang secara pernah menjadi bagian dari Indonesia , Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) memiliki  ikatan kekeluargaan dan persahabatan yang sangat erat dengan Republik Indonesia. Tidak sekedar sejarah, hubungan diplomatik yang terbangun antara  kedua negara  juga penuh ikatan emosional. Ke depan, hal tersebut diharapkan menjadi landasan yang baik untuk menjadi hubungan yang kokoh, yang terus berkembang semakin dalam. 

Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya saat menghadiri resepsi peringatan HUT ke-41 Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Demokratik Timor Leste yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Timor Leste di Bali yang berlokasi di Inna Bali Hotel, Denpasar pada Senin (28/11) malam.

“Saya turut berbahagia sekaligus mengucapkan Selamat kepada Pemerintah dan segenap rakyat Timor Leste, atas peringatan Hari Ulang Tahun ke-41 Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Demokratik Timor Leste. Perayaan ini tidak hanya bermakna khusus sebagai penghormatan terhadap Hari Kemerdekaan, tetapi yang lebih penting adalah momentum memantapkan hubungan persahabatan Indonesia-Timor Leste, khususnya hubungan Timor Leste dengan Bali,” ujar Pastika yang pada kesempatan tersebut didampingi Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra.

Ditambahkan Pastika, kerja sama tidak hanya berdasarkan sifat saling menguntungkan, namun juga tumbuh dengan saling berbagi nilai demokrasi, hak azasi manusia, dan nilai dalam segala bidang kehidupan.

“Sudah sangat banyak masyarakat Timor Leste yang tinggal di Bali. Demikian pula sebaliknya, sudah banyak pula masyarakat Bali tinggal di Timor Leste. Ke depan, tentu jumlah itu akan semakin meningkat dan menyatukan kedua negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Konsul Jenderal Timor Leste di Bali, Mrs. Teresa Maria De Carvalho dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Indonesia khususnya kepada Pemerintah Provinsi Bali yang telah memberikan kesempatan kepada Timor Leste untuk membuka konsulat nya di Indonesia dan juga Bali.

“Terimakasih kepada Pemerintah Indonesia khususnya untuk Pemerintah Provinsi Bali yang telah memberikan kesempatan kepada kami (Timor Leste-red) untuk membuka Konsulat Jenderal disini. Semoga hubungan kedua Negara bisa terus berjalan dengan baik, mengingat keduanya pernah memiliki hubungan sejarah,” ucap Teresa.

Lebih lanjut, Teresa mengajak seluruh masyarakat Timor Leste untuk ikut merefleksikan kemerdekaan Timor Leste serta mensyukuri dengan hasil yang telah diraih. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Timor Leste untuk terus bangkit menuju masa depan yang gemilang. [rls/wrt]


Rabu, 30 November 2016 | 00:00 WITA


TAGS: Timorleste kemerdekaan: Indonesia Bali




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

Nama Jumlah Donasi
Ni Kadek
Rp 20,000
Ni Ketut Sukerti A.
Rp 100,000
OSIS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Amlapura
Rp 2,000,000
Semeton
Rp 70,000
Ni Ketut Sukerti A.
Rp 30,000

Jumlah Donatur sampai saat ini: 22 Donatur
Total Donasi sampai saat ini: Rp 8,605,000

Dimulai sejak Sabtu, 11 Februari 2017