Hari Juang Kartika, TNI Hijaukan Area Pura Pengubengan

Minggu, 11 Desember 2016 | 11:05 WITA

Hari Juang Kartika, TNI Hijaukan Area Pura Pengubengan

bbn/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM

   Males Baca?

Beritabali.com, Besakih. Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan hari Juang Kartika yang  jatuh pada tanggal 15 Desember 2016, Kodam IX/Udayana melaksanakan kegiatan penghijauan dan pembersihan lingkungan pada Sabtu (10/12) di areal Pura Pengubengan Besakih.
 
Kegiatan ini diikuti oleh Jajaran TNI Kodam IX/Udayana bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupeten Karangasem, Polres Karangasem, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Pelajar dan Masyarakat Kecamatan Rendang, Kabupaten  Karangasem.
 
BACA JUGA: 
Sebanyak  5.000 bibit pohon ditaman disekitar areal Pura Pengubengan Besakih terdiri dari, Pohon Sengon, Mahoni, Albesia, Jati Mas dan Pohon Buah dilaksanakan secara bersama-sama oleh para pejabat dari berbagai instansi baik dari unsur TNI, Polri , Pemerintah Daerah dan Swasta berbaur dengan masyarakat  melaksanakan penanaman dan pembersihan lingkungan. 
 
Dengan adanya pembersihan dan penanaman pohon ini diharapkan nantinya lingkungan Pura Pengubengan dapat menjadi hijau, asri dan terhindar dari bahaya seperti tanah longsor disaat musim hujan maupun kekeringan dan tandus disaat musim kemarau.
 
Pada kesempatan tersebut Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa selaku pimpinan kegiatan membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A.
 
"Kebersihan lingkungan, keasrian dan kelestarian alam harus menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat guna meminimalisir  terjadinya permasalahan seperti, banjir bandang, tanah longsor dan bencana alam lainnya sebagai akibat dari kurang  kepedulinya  kita terhadap lingkungan, untuk itu maka pada hari ini kita bersama-sama melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan dan penanaman beberapa jenis pohon di areal Pura Pengubengan yang sakral dan disucikan ini, masyarakat manca negarapun tahu bahwa kawasan ini merupakan tempat suci untuk melaksanakan upacara keagamaan bagi umat Hindu dan sekaligus juga sebagai salah satu daerah tujuan wisatawan manca negara, untuk itu  kebersihan, keasrian dan kelestarian lingkungan di kawasan ini perlu mendapat perhatian kita bersama agar tetap terjaga dan terawat dengan baik, sehingga selalau harmoni serta tetap dapat memancarkan daya tarik bagi para wisatawan manca Negara."
 
BACA JUGA: 
Pejabat yang hadir antara laian, Danrem 163/Wira Satya, Para Asisten, Para Kabalak Kodam IX/Udayana, Polres Karangasem, Bupati Karangasem beserta Pejabat Teras Kabupaten Karangasem, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan serta sejumlah pejabat lintas instansi lainnya. 
 
Kegiatan penghijauan dan pembersihan lingkungan di arel Pura Pengubengan Besakih dapat berjalan dengan lancar meskipun cuaca kurang mendukung/hujan.[bbn/rls/psk]


Minggu, 11 Desember 2016 | 11:05 WITA


TAGS: kodam udayana tni




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: