Triase Gawat Darurat Harus Dilakukan Dokter Senior

Minggu, 01 Januari 2017 | 14:00 WITA

Triase Gawat Darurat Harus Dilakukan Dokter Senior

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM

   Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Penanganan pasien khususnya pasien yang masuk ke Unit Gawat Darurat (UGD) perlu mendapatkan pertolongan yang tidak hanya cepat namun juga tepat. Sistem serta tenaga medis yang memang ahli dalam penanganan kegawatdaruratan jelas diperlukan. 
 
Gubernur Bali Made mangku Pastika kemudian meminta agar dokter yang melakukan triase pasien di UGD  adalah dokter  senior atau dokter yang ahli dalam penanganan kegawatdaruratan dan bukan diisi oleh dokter magang atau dokter muda dalam masa koasistensi. 
 
BACA JUGA: 
 
Hal ini disampaikan Pastika saat berkunjung ke BRSUD Tabanan, Sabtu (31/12). 
 
"Triase pasien itu amat penting dalam menganalisa penyakit pasien dan upaya tindak lanjutnya, jadi jangan taruh dokter muda  untuk triase pasien, bila perlu tempatkan  dokter spesialis UGD kalau ada, sehingga pertolongan pada pasien tidak hanya cepat tetapi juga tepat," tegas Pastika. 
 
BACA JUGA: 
 
Pastika yang dalam kunjungannya didampingi oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Dewa Mahendra Putra juga menyampaikan harapannya agar nantinya para dokter dan perawat khususnya yang menangani kegawatdaruratan di RSUD Tabanan dapat menimba ilmu tentang penanganan  gawat darurat dari Royal Darwin Hospital Australia yang memang menajadi rujukan dalam penanganan trauma dan emergency.
 
"Nanti coba dirancang untuk belajar dari Royal Darwin Hospital bagaimana sistem penanganan situasi gawat darurat yang tepat sehingga kita bisa melakukan triase pasien dengan tepat dan cepat, bagaimanapun UGD itu sesungguhnya memegang peran penting dalam penanganan awal pasien, ini  wajahnya rumah sakit, perilaku dan analisa awal ada di UGD, " pungkas Pastika. [rls/wrt]


Minggu, 01 Januari 2017 | 14:00 WITA


TAGS: Triase Kedokteran




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

Nama Jumlah Donasi
Ni Kadek
Rp 20,000
Ni Ketut Sukerti A.
Rp 100,000
OSIS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Amlapura
Rp 2,000,000
Semeton
Rp 70,000
Ni Ketut Sukerti A.
Rp 30,000

Jumlah Donatur sampai saat ini: 22 Donatur
Total Donasi sampai saat ini: Rp 8,605,000

Dimulai sejak Sabtu, 11 Februari 2017