Sempat Terhambat Biaya, Akhirnya Bale Banjar Kaliungu Kelod Diresmikan

Senin, 02 Januari 2017 | 06:00 WITA

Sempat Terhambat Biaya, Akhirnya Bale Banjar Kaliungu Kelod Diresmikan

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM

   Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Bertepatan dengan Saniscara Kliwon Wayang (Tumpek Wayang) atau tepatnya di penghujung Tahun 2016, Sabtu (31/12) terlihat sejak pagi hari serentak para warga masyarakat Banjar Kaliungu Kelod mengenakan pakian adat kepura bernuansa putih.
 
Hal ini dikarenakan para warga sedang melaksanakan karya Melaspas Bale Banjar dan Bale Kulkul serta serangkaian Piodalan di Pura Puncak Sari Banjar Kaliungu Kelod. 
 
BACA JUGA: 
Kegiatan ini dihadiri langsung Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra sekaligus meresmikan Bale Banjar Kaliungu Kelod dengan penandatanganan prasasti. 
 
Dalam upacara ini hadir pula Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Kabag Kesra Setda Kota Denpasar IGN Bagus Mataram serta undangan lainnya. 
 
Kelihan Banjar Kaliungu Kelod, Nyoman Gunayana mengatakan, kegiatan pemelaspas bale banjar dan bale kulkul merupakan puncak dari serangkaian pembangunan yang telah dilaksanakan pada Tahun 2009 dengan pembangunan parhyangan atau pura. 
 
"Karena pembiayaan tahun ini baru kami bisa membangun palemahan (Bale Banjar) yang sekaligus diresmikan Bapak Walikota," jelasnya. 
 
Menurutnya, pembangunan ini tidak telepas dari konsep Tri Hita Karana, maka daripada itu pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini menjadi tolak ukur di dalam pembinaan pawongan yakni generasi muda khususnya di dalam mempertahankan agama, adat dan budaya Bali utamanya Banjar Kaliungu Kelod. 
 
Lebih lanjut Gunayana mengatakan, kami keluarga besar Banjar Kaliungu Kelod mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar dan semua komponen warga masyarakat Banjar Kaliungu Kelod yang sudah membantu dan menyukseskan kegiatan ini. 
 
BACA JUGA: 
 
“Kami percaya Banjar tidak ada yang miskin, segala sesuatu dapat diwujudkan kalau kita sudah bersatu. Persatuan dalam wadah budaya dan agama ini kami lakukan sebagai rasa menyama braya dalam konsep dikehidupan warga masyarakat Banjar Kaliungu Kelod serta banjar-banjar lain yang turut mendukung kami,” ujarnya.  
 
Sedangkan Walikota IB. Rai Dharmawijaya Mantra yang ditemui di sela-sela karya mengaku sangat mengapresiasi dengan antusiasme warga masyarakat Banjar Kaliungu Kelod dalam melaksanakan upacara yadnya. Ia berharap dengan terselenggaranya upacara ini rasa persatuan dan rasa bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi semakin meningkat. [rls/esa/wrt]


Senin, 02 Januari 2017 | 06:00 WITA


TAGS: Bale Banjar Banjar Kaliungu Kelod




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya:

 

Nama Jumlah Donasi
Ni Kadek
Rp 20,000
Ni Ketut Sukerti A.
Rp 100,000
OSIS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Amlapura
Rp 2,000,000
Semeton
Rp 70,000
Ni Ketut Sukerti A.
Rp 30,000

Jumlah Donatur sampai saat ini: 22 Donatur
Total Donasi sampai saat ini: Rp 8,605,000

Dimulai sejak Sabtu, 11 Februari 2017