Bali Jadi Pusat Pelabuhan Kapal Pesiar Dunia?

Kamis, 13 April 2017 | 17:27 WITA

Bali Jadi Pusat Pelabuhan Kapal Pesiar Dunia?

ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM

   Males Baca?

Beritabali.com, Denpasar. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mencanangkan kedepannya Bali akan menjadi pusat pelabuhan dari kapal pesiar dunia. Hal ini disampaikannya dalam wawancaranya dengan awak media seusai menghadiri acara Workshop Kebijakan dan Strategi Wisata Cruise yang diselenggarakan di atas Kapal Pasific Eden di Pelabuhan Benoa, Kamis (13/4).


"Keunikan dan keindahan alam Bali merupakan daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Terlebih saat ini bepergian dengan kapal pesiar sedang berkembang dengan sangat pesat, jadi sudah saatnya Bali berbenah untuk  bisa menjadi pusatnya pelabuhan bagi  kapal pesiar dunia," imbuhnya.

Lebih jauh Luhut menambahkan, upaya untuk menjadikan Bali sebagai pusat pelabuhan kapal pesiar masih menyisakan beberapa permasalahan yang harus segera diselesaikan. Diantaranya permasalahan masih mahalnya biaya berlabuh di Pelabuhan Benoa, masih mahalnya harga bahan bakar, maupun ketersediaan air bersih serta permasalahan sampah.

Untuk itu, Luhut mengajak semua pihak untuk bekerja sama, bahu-membahu dalam menghadapi permasalahan tersebut, terlebih tahun mendatang Bali telah dipercaya dunia sebagai tempat penyelenggaraan International Monetary Found - World dan World Bank Annual Meeting 2018.

"Sudah saatnya kita satukan barisan, bahu-membahu, bekerja bersama-sama untuk menyelesaikan semua permasalahan. Kabupaten/kota serta semua pihak bersinergi untuk jadikan Bali pusatnya pelabuhan kapal pesiar sehingga akan memberi nilai lebih bagi pariwisata Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Presiden Carnival Pasific Eden Mike Drake yang menyatakan bahwa tingkat wisatawan yang berwisata dengan menggunakan kapal pesiar dari tahun ke tahun terus meningkat. Pun, Bali sebagai salah satu tujuan pariwisata dunia miliki peluang yang sangat tinggi sebagai daerah tujuan dari perjalanan wisata pesiar tersebut.

Sementara, Kapal Pesiar Pasific Eden mengangkut sebanyak 1500 wisatawan dan bersandar di pelabuhan Benoa pada siang hari ini dan merupakan sebuah sejarah di mana untuk pertama kalinya kapal sebesar ini bisa bersandar di Pelabuhan Benoa. [rls/wrt]


Kamis, 13 April 2017 | 17:27 WITA


TAGS: Bali pesiar dunia Benoa Berita Bali




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya: