search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Penyimpangan Dana PNPM Mandiri di Bali Capai Rp. 1,4 M
Rabu, 1 Februari 2012, 10:01 WITA Follow
image

google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Desa (BPMPD) Bali mencatat penyimpangan dana implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di Bali mencapai Rp. 1,4 miliar rupiah. Jumlah penyimpangan dana sebesar Rp. 1,4 miliar tersebut merupakan akumulasi penyimpangan dana sejak implementasi PNPM di Bali pada 2003 hingga 2011.

Kepala  BPMPD Bali Putu Astawa menyampaikan penyimpangan terhadap dana PNPM terjadi karena masih rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) dari pengelola program di tingkat desa, walaupun tidak tertutup keungkinan adanya oknum yang bermain. Faktor lain yang menyebabkan terjadinya penyimpangan dana yaitu adanya asumsi bahwa dana PNPM tersebut merupakan dana hibah dari pemerintah.

“Karena dulu mungkin sosialisasi program kurang bagus, dikira dana itu dana hibah, sehingga itu di kelola di masyarakat menjadi kurang bergulir, tetapi kita selalu menghimbau masyarakat, jangan karena nila setitik menjadi rusak susu sebelanga, karena penyimpangan dana pergulirannya, kalau di fisik tidak ada masalah, yang Kuta kemarin kalau tidak salah Rp 600 juta , yang di Gianyar sekitar Rp 800 juta,” ujar Putu Astawa

Astawa berharap pemerintah tidak hanya meluncurkan program di masyarakat tetapi juga melakukan peningkatan kapasitas terhadap masyarakat sebagai pengelola program sehingga ke depan implementasi program lebih baik di tahun-tahun mendatang. Berdasarkan data BPMPD Bali jumlah kecamatan yang terlibat dalam PNPM Mandiri di Bali tercatat 46 kecamatan.

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami