search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sistem TOSS KSM TPS3R Darma Winangun Jadi Magnet Kunjungan Berbagai Daerah
Kamis, 26 Juli 2018, 15:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Beritabali.com, Klungkung. Keberhasilan Pemda Kungkung dalam rangka pengelolaan sampah termasuk sistem TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat)  melalui pemberdayaan kelompok masyarakat yang ada di Kabupaten Klungkung, rupanya bagai magnet yang menarik perhatian dari berbagai daerah di Indonesia. 
 
[pilihan-redaksi]
Setelah dua hari lalu menerima kunjungan, sebanyak 15 orang rombongan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Cirebon, Kamis (26/7) mengadakan kunjungan lapangan ke KSM TPS3R Darma Winangun Desa Tangkas Klungkung, Rombongan dipimpin oleh Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Cirebon, Irawan Wahyono didampingi oleh DLHP Kabupaten Klungkung, Adi Saptowo. 
 
Rombongan langsung meninjau proses pengolahan sampah desa untuk diolah menjadi kompos dan pellet sampah. Menurut Ketua KSM TPS3R Darma Winangun Desa Tangkas, I Ketut Darmawan, selama ini banyak instansi atau lembaga yang mengadakan kunjungan lapangan ketempat kami untuk melihat secara nyata teknologi pengelolaan sampah ini untuk dikembangkan didaerahnya masing-masing. 
 
"Iya ini sebagai bentuk dukungan kami kepada Pemda Klungkung tekait dengan pengelolaan sampah desa dan Teknologi Toss yang sdh dikembangkan di Desa Tangkas dengan baik" kata Darmawan disela memberikan penjelasan kepada peserta kunjungan lapangan.  
 
Sebelumnya rombongan meninjau pengolahan sampah menjadi listrik dengan generator di IPLT Lepang. Saat berada di TPS3 R Desa Tangkas Rombongan juga melihat proses pembuatan pellet sampah untuk dijadikan sumber energi Rumah Tangga dan pembangkit lisrik. (bbn/rls/rob)

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami