search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lansia Kembalikan Borgol Setelah 60 Tahun, Suratnya Bikin Polisi Tersenyum
Sabtu, 6 Februari 2021, 19:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Lansia Kembalikan Borgol Setelah 60 Tahun, Suratnya Bikin Polisi Tersenyum

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Seorang lansia mengembalikan borgol yang ia ambil 60 tahun lalu ketika polisi tak sengaja menjatuhkannya ketika meringkus remaja di sebuah restoran di Los Angeles.

Menyadur LA Times Sabtu (06/02), lansia 74 tahun ini mengirimkan borgolnya kembali bersama sepucuk surat permohonan maaf dan uang donasi yang setara Rp1,4 juta.

Dari suratnya, diketahui ia mendapatkan borgol itu ketika masih remaja di tahun 1960. Saat itu polisi sedang berusaha melumpuhkan anak muda yang nakal dan tak sengaja menjatuhkan borgolnya.

Lansia yang kala itu berusia 14 tahun mengambil borgol dan membawanya pulang. Ia mengakui ada rasa bersalah tiap kali melihat borgol itu, tapi ia tak melakukan apapun.

Suatu hari, cucunya datang berkunjung dan menunjukkan borgol mainan padanya. Untuk membuat dua cucu laki-lakinya terkesima, ia mengambil borgol asli yang dicuri 60 tahun lalu.

"Mereka terkejut dan bertanya mengapa saya mencuri borgol dari seorang polisi," bunyi surat itu. "Saya, tentu saja, tidak punya penjelasan yang baik."

Cucunya membawa kakek mereka pada orangtuanya dan berakhir dengan permintaan maaf sang kakek. Tak sampai di situ, ia lantas berpikir untuk mengembalikan borgol ini ke kantor polisi.

Lansia yang tak ingin identitasnya terungkap ini ingin memberi contoh yang baik pada cucunya. Ia tak ingin perbuatannya ditiru oleh generasi penerusnya.

"Dan saya mengatakan kepada mereka bahwa itu adalah hal yang salah dan saya tidak bangga karenanya," jelasnya di surat yang terlampir.

Sebagai tebusan rasa bersalah sang kakek mendonasikan uang USD 100 yang setara Rp1,4 juta untuk kepolisian Los Angeles. "Tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal yang benar," kata Mike Lopez, juru bicara LAPD. "Dia menanamkan nilai-nilai itu pada cucunya."(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami