search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Manfaat Mengonsumsi Kunyit bagi Kesehatan
Selasa, 23 Agustus 2022, 19:52 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/7 Manfaat Mengonsumsi Kunyit bagi Kesehatan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kunyit termasuk jenis rempah yang kerap digunakan untuk bermacam masakan nusantara. Rupanya, selain memberikan cita rasa yang khas, juga warna yang cantik, rempah satu ini juga memiliki beragam manfaat kesehatan.

Khasiat kunyit ada pada senyawa kurkumin yang mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi. Dilansir dari laman health cleveland clinic, berikut 7 manfaat mengonsumsi kunyit untuk kesehatan.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

1. Mengurangi peradangan

Ketika tenggorokan mulai terasa gatal secara tiba-tiba, mengkonsumsi kunyit bisa menjadi keputusan yang tepat. Hal ini telah dibuktikan pada penderita kolitis ulseratif (radang usus besar). Mengonsumsi obat ditambah 2 gram kunyit setiap hari akan membuat mereka merasa lebih baik daripada minum obat saja.

2. Meningkatkan memori

Pada jurnal The American Journal of Geriatric Psychiatry, disebutkan bahwa 90 mg kunyit yang diminum dua kali sehari selama 18 bulan dapat membantu meningkatkan kinerja memori pada orang dewasa tanpa demensia.

Ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan pada kunyit yang menyebabkan penurunan neurokognitif. Kunyit juga dipercaya dapat berperan dalam pencegahan penyakit Alzheimer, tapi ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Melawan radikal bebas

Manfaat kunyit bagi kesehatan selanjutnya adalah melawan radikal bebas berkat kandungan antioksidan. Kunyit bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Studi lain juga menyebutkan bahwa efek antioksidan kunyit dapat merangsang kinerja antioksidan lain.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Dengan kemampuannya dalam membantu mengurangi peradangan dan oksidasi, kunyit dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Orang dewasa dan paruh baya yang mengonsumsi suplemen dengan kandungan kunyit selama 12 minggu akan mengalami peningkatkan produksi endotel arteri resistensi yang mencegah peningkatan tekanan darah.

5. Membantu melawan depresi

Saat Anda mengalami depresi, protein brain-derived neurotrophic factor (BDNF) akan berkurang. Sementara itu, dengan mengonsumsi kunyit, Anda bisa meningkatkannya dan membuat pikiran Anda kembali tenang sehingga rasa stres bisa lebih dikontrol.

Pada studi lain juga disebutkan bahwa kunyit sama efektifnya dengan fluoxetine (Prozac) dalam mengurangi gejala depresi. Kunyit dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin yang mengatur suasana hati.

6. Membantu mencegah kanker

Manfaat mengonsumsi kunyit lainnya yang tidak kalah penting adalah membantu mencegah perkembangan kanker. Pada satu jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, kunyit dapat disebut mengurangi 40% jumlah lesi di usus besar pria yang dapat memicu kanker kolorektal.

7. Mengontrol kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh merupakan salah satu hal yang perlu kita kontrol. Jika berlebihan, itu bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung koroner hingga stroke.

Selain dengan memilih makanan rendah kolesterol, Anda juga bisa mengonsumsi kunyit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kunyit aman dan dapat melindungi mereka yang berisiko terkena penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami