search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Enam Fakta F1 Powerboat Danau Toba, Diikuti 18 Negara
Jumat, 3 Februari 2023, 18:30 WITA Follow
image

bbn/Liputan6.com/Enam Fakta F1 Powerboat Danau Toba, Diikuti 18 Negara

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Indonesia akan menjadi tuan rumah pada seri pembuka kejuaran balap kelas dunia F1 Powerboat tanggal 24-26 Februari 2023 di Danau Toba. Dalam ajang balap ini, ada beberapa fakta yang menarik untuk diketahui. Lantas, apa saja fakta F1 Powerboat Danau Toba

Nah melansir dari berbagai sumber, simak selengkapnya berikut ini ulasan mengenai fakta F1 Powerboat Danau Toba yang berlangsung kawasan Danau Toba, tepatnya di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Kec. Balige, Kab. Toba, Sumatera Utara.

1. Setara balap mobil F1

Kejuaraan F1 powerboat ini merupakan ajang balap perahu motor kelas dunia yang digelar oleh UIM (Union Internationale Motonautique). Bisa dibilang ajang balap ini setara ajang balap mobil F1.

2. Lokasi balapan di area bekas letusan gunung purba

Ajang balap F1 Powerboat ini digelar di danau hasil letusan gunung purba pada 74 ribu tahun lalu. Adapun danau ini yang memiliki luas 1.145 km persegi dan kedalaman 508 meter, yang mana ini jadi salah satu danau terdalam di dunia. 

3. Salah satu balapan tercepat di dunia.

Musim perdana F1 Powerboat ini digelar tahun 1981 silam. Namun pada 1987-1989 dan 2020, ajang balap ini sempat ditiadakan. Ajang balap F1 Powerboat mendapat julukan sebagai balap jet air/motor perahu/ tercepat di dunia. 

Pasalnya,  setiap powerboat menggunakan mesin 3.500 cc yang mana kekuatan ini mampu mengeluarkan energi 500 Horse Power/HP pada RPM 10.500 dengan menggunakan bahan bakar avgas.

4. Ada 2 kelas yang dilombakan

Setiap musimnya, ajang balap F1 powerboat ini menghadirkan dua kelas yang akan dilombakan yakni F1H2O dan F4-S. Adapun kedua kelas ini dibedakan oleh penggunaan jenis mesinnya. 

5. Diikuti 18 Negara

Ajang kejuaraan F1 powerboat ini akan diikuti  18 pembalap yang berasal dari Inggris, Brazil, Ukraina, China, Arab Saudi, Portugal, Perancis, Watar Korea Selatan, dan Qatar. 

6. Lapangan Sisingamaraja Balige memiliki konsep Waterfront Area Olahraga

Berbagai persiapan dilalukan oleh Pemerintah Indonesia guna menyambut event kelas dunia ini, salah satunya yaitu mengubah Lapangan Sisimangaraja dengan konsep serupa Waterfront Area untuk olahraga. Ditargetkan tempat ini selesai dibangum pada tanggal 15 Februari 2023.

Demikian ulasan mengenai fakta F1 Powerboat Danau Toba yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami