search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cara Mencegah Risiko Saat Beli Mobil Bekas Murah
Kamis, 23 Maret 2023, 10:17 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Cara Mencegah Risiko Saat Beli Mobil Bekas Murah.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Harga rata-rata mobil baru saat ini sedang naik akibat wabah, kekurangan bahan produksi, inflasi. Oleh karena itu, tren memilih membeli dan menggunakan mobil bekas semakin meluas. Memilih untuk memiliki mobil bekas membantu pembeli menghemat uang. 

Tidak hanya itu, pembelian mobil bekas juga memberikan kesempatan kepada konsumen untuk menggunakan model high-end bekas dengan harga terjangkau. Model baru dengan mesin bertenaga, eksterior cantik, dan interior modern dijual dengan harga murah untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Namun sebelum memiliki mobil bekas, Anda perlu simak catatan berikut untuk memilih mobil yang paling cocok dan hindari risiko yang tidak perlu saat membeli mobil bekas.

Catatan Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas Murah

Berikut pengalaman emas yang akan membantu Anda saat memilih membeli mobil bekas murah. Bahkan banyak kasus dimana mobil tidak sesuai deskripsi atau kualitasnya tidak terjamin karena mobil pernah terlibat tabrakan. Oleh karena itu, pelanggan perlu membekali diri dengan rahasia pengecekan mobil secara cermat dan detail:

  •   Mengecek dokumen dan surat-surat mobil bekas

Pelanggan perlu memeriksa secara lengkap dokumen asli mobil bekas seperti STNK, Lembar Pajak, BPKB, dll. Banyak orang yang memalsukan dokumen mobil untuk kepentingan pribadi, sehingga Anda perlu teliti saat memutuskan untuk membeli mobil bekas. Coba periksa apakah ada perubahan dari alamat pemilik, keterangan kepabeanan, catatan pelunasan pajak dan lainnya. Sesuaikan juga nomor rangka, mesin, tipe, nopol, tahun pembuatan, dan warna mobil dengan apa yang tercantum di BPKB. 

Mobil bekas yang ditawari harga yang sangat murah juga sangat berisiko, sebaiknya hindari membeli model ini karena bisa jadi mobil selundupan atau mobil curian.

  •  Mengecek riwayat mobil bekas

Catatan Perawatan Kendaraan juga hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas murah. Anda harus memeriksa Catatan Perawatan Kendaraan dan bertanya kepada pemiliknya apakah mereka menyimpan kuitansi untuk perawatan yang telah mereka lakukan. Coba hubungi dealer yang melakukan perawatan, mereka akan menyimpan catatan lengkap tentang pekerjaan yang dilakukan.

Catatan perawatan kendaraan akan membantu Anda mengetahui riwayat mobil bekas dengan mudah, sehingga Anda bisa mengetahui kapan perawatan mobil selanjutnya. Pengguna juga dapat menilai suatu kendaraan sebelum membelinya, terutama jika mesin tersebut telah digunakan.

Catatan Perawatan Kendaraan memberitahu pengguna bahwa kendaraan yang kalian rencanakan untuk dibeli telah dirawat dengan baik. Perawatan mobil secara rutin juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi mobil tetap bagus. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan cermat saat membeli mobil bekas adalah riwayat kecelakaan. Mobil yang mengalami kecelakaan tidak akan dapat menjamin kualitas dan legalitas. Untuk ketenangan pikiran saat membeli mobil bekas, sebaiknya pilih tempat yang memiliki reputasi baik untuk dapat memastikan kualitas dan asal usul mobil tersebut.

  •    Mengecek eksterior mobil bekas

Mengecek eksterior secara keseluruhan membantu pembeli memahami kondisi mobil yang sebenarnya, apakah pernah terjadi tabrakan, dan bagaimana kualitas catnya.

Jika terdapat celah yang besar pada pintu mobil atau kap mesin menjadi bengkok, menandakan bahwa mobil tersebut mengalami kecelakaan. Situasi ini sangat jarang terjadi pada mobil yang belum pernah diperbaiki. Oleh karena itu, jika pengguna mengamati bahwa sambungan bodi tidak cocok, ukuran celah tidak seragam, berarti mobil telah diperbaiki pada bodi dan sasis.

Untuk kaca mobil, pembeli harus terlebih dahulu memeriksa apakah kacanya tergores, retak atau ada tanda-tanda sudah diganti. Jika bagian kaca depan telah diganti, tahun pembuatannya akan tidak sinkron, atau bahkan menggunakan kaca yang tidak asli tidak akan ada logo pabrikannya.

  •   Mengecek interior mobil bekas

Pembeli perlu memeriksa interior mobil bekas dengan hati-hati termasuk setir, pembuka pintu, lantai, penutup jok, plafon atau panel pintu, dll. Jika ditemukan perubahan warna pada interior, terkelupas dan tergores, menunjukkan bahwa mobil tersebut telah digunakan untuk waktu yang lama menyebabkan mobil mengalami degradasi.

Selain itu, pembeli juga perlu memperhatikan fitur-fitur sistem di dalam mobil yaitu AC, kaca elektrik, tuas, penyetelan kursi, layar mobil, dll apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika fitur pada mobil bermasalah, maka kualitas mobil akan menurun.

  •     Test drive

Test drive membantu pembeli menilai kondisi kendaraan dalam menyalakan mobil, pengereman, power steering, akselerasi dan kelancaran saat memindahan gigi. Situasi yang mungkin dihadapi saat mengemudi harus diperhatikan seperti: menyalakan mobil yang buruk, kemudi yang berat, pengereman yang buruk, akselerasi lambat, asap warna tidak normal (asap hitam atau asap putih), suara aneh saat pindah gigi,… Semua tanda di atas perlu diperhatikan, agar dapat menilai kondisi kendaraan dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana Cara Menilai Mobil Bekas Murah?

Dari pemeriksaan kendaraan, penilaian kondisi kendaraan, akan menjadi dasar yang akurat untuk menilai mobil. Mobil masih bagus dan asli tanpa tabrakan, tidak banyak perbaikan dan perawatan yang baik, nilai mobil akan tinggi. Kalau mobil pernah tabrakan, mobil sudah tua, dan mesin sudah lemah maka tergantung kondisi mobil, lambat laun harganya akan turun.

Haruskah Membeli Mobil Bekas?

Di tengah situasi ekonomi yang sulit, membeli mobil bekas menjadi pilihan yang baik bagi banyak orang. Bagi yang memiliki budget terbatas, memilih membeli mobil bekas menghemat uang namun tetap bisa menggunakan mobil high-end. Namun ketika memilih untuk membeli mobil bekas, pembeli harus menghadapi banyak resiko serta biaya yang harus dikeluarkan nantinya jika membeli mobil bekas yang kualitasnya tidak baik.

Untuk meminimalisir kejadian yang tidak menguntungkan, selain catatan di atas, memilih tempat beli mobil bekas murah sangatlah penting. Memilih dealer mobil bekas yang memiliki reputasi baik membantu pembeli merasa lebih aman dengan kualitas mobil dan memastikan minat mereka.

Di Mana Harus Membeli Mobil Bekas Murah?

  •     Beli mobil bekas murah di perusahaan

Saat memilih membeli mobil bekas di perusahaan, pembeli akan mengurangi risiko yang tidak perlu dan merasa lebih aman saat menggunakannya. Keuntungan membeli mobil bekas dari perusahaan adalah: Kualitas mobil terjamin, asal usul jelas, informasi kendaraan transparan, harga tercantum, prosedur jual beli yang benar, garansi asli.

Selain banyak keuntungan, membeli mobil bekas di perusahaan juga memiliki beberapa kekurangan seperti: Harga mobil lebih tinggi dari pasaran, proses pengurusan berkas cukup sulit dan sedilit model untuk dipilih, dalam beberapa kasus, mobil sudah dalam kondisi capek.

  •    Beli mobil bekas murah online

Saat ini, belanja online sudah sangat familiar bagi semua orang. Anda dapat membeli apa saja di Internet dan mobil bekas murah tidak terkecuali. Namun, untuk menghindari penipuan saat belanja online, Anda harus memilih situs web terkemuka untuk dapat membeli mobil bekas secara online.

Mobilmo adalah salah satu website terkemuka di Indonesia di bidang mobil bekas. Di Mobilmo Anda dapat menemukan informasi harga, review mobil serta pengalaman jual beli mobil bekas murah. Tunggu apalagi tanpa segera mengakses website Mobilmo.com untuk update berita terbaru seputar pasar mobil bekas Indonesia.

Editor: Robby

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami