search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
2023, Ekonomi Bali Tumbuh 5,71 Persen Seperti Sebelum Pandemi
Senin, 5 Februari 2024, 20:23 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi AI/2023, Ekonomi Bali Tumbuh 5,71 Persen Seperti Sebelum Pandemi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Ekonomi Bali tumbuh mengesankan sebesar 5,86 persen pada Triwulan IV 2023. Pertumbuhan ekonomi Bali sepanjang tahun 2023 kembali mencapai level 5 persen seperti sebelum pandemi, yaitu tumbuh sebesar 5,71 persen.

Hal ini seiring dengan semakin menggeliatnya aktivitas masyarakat Bali pasca Pandemi Covid-19. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Bali Endang Retno Sri Subiyandani mengatakan pada tahun 2023, kinerja pertumbuhan ekonomi Bali didorong dari sisi lapangan usaha, akomodasi dan makan minum, transportasi dan pergudangan, serta jasa keuangan dan asuransi mencatatkan pertumbuhan nilai tambah tertinggi. 

Ini yang menjadi sumber pertumbuhan utama (source of growth) ekonomi Bali.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, komponen ekspor luar negeri mencatatkan pertumbuhan nilai tambah tertinggi dan menjadi sumber pertumbuhan utama (source of growth) ekonomi Bali. 

Di sisi lain, pengeluaran konsumsi rumah tangga yang merupakan kontributor utama ekonomi Bali tumbuh lebih cepat di atas 5 persen.

"Membaiknya perekonomian Bali juga tercermin dari meningkatnya PDRB per kapita menjadi sebesar 62,29 juta rupiah di tahun 2023 dan telah melampaui level sebelum Pandemi Covid-19," ungkapnya, Senin (5/2/2024).

Editor: Robby

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami