Ekbis

Ratusan Generasi Muda Tabanan Dituntut Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

 Rabu, 31 Oktober 2018, 21:25 WITA

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Tabanan. 
Ratusan generasi muda Tabanan dituntut mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Hal itu terungkap dalam edukasi kewirausahaan yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Tabanan di Lapangan Tenis Alit Saputra di Banjar Dangin Carik, Desa Dangin Peken, Kecamatan Tabanan pada Rabu (31/10). 
 
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tabanan, Anak Agung Dalem Tresna Ngurah menjelaskan, Gebyar Kewirausahaan digelar bekerjasama dengan Bedo salah satu yayasan yang bergerak di bidang  pendampingan wirausaha di kawasan wisata. 
 
 
Kegiatan ini juga bekerjasama dengan salah satu perusahaan Sampoerna untuk memberikan motivasi dan edukasi dalam suatu usaha yang nantinya dapat ditiru. "Dalam gebyar ini ada edukasi dan dorongan dalam berwirausaha makanya kami undang para generasi muda terdiri dari siswa SMA/SMK dan peruguruan tinggi," ujarnya. 
  
Dikatakan, gebyar kewirausahaan bertujuan untuk mendorong generasi muda berwirausaha supaya bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. "Jadi dalam gebyar ini generasi muda diharapkan menjadi wirausaha yang tangguh, dan mampu meningkatkan lapangan pekerjaan bukan hanya menjadi pencari kerja saja," tegas Dalem Tresna. 
  
Apalagi diakui Dalem Tresna berbagai cara promosi bisa dilakukan seperti dengan cara memanfaatkan media sosial. Karena dengan promisi lewat media sosial semua kalangan masyarakat bisa menjangkau. "Contohnya Food Deso milik generasi muda di Tabanan meskipun tepatnya rumahan tetapi mampu menarik pembeli. Jadi disini perlunya inovasi dan kreativitas terpenting adalah niat," terangnya. 
 
Terlebih mengenai fasilitas, saat ini pemerintah dalam membantu permodalan sudah dipermudah mulai dari KUR dan perijinan setiap kecamatan telah dipermudah. Bahkan sudah ada program dari pusat khususnya bagi wirausaha pemula yang dinamakan Program WP (wirausaha pemula). 
 
Tinggal mengirim proposal lewat Dinas Koperasi dan UMKM Tabanan maka akan diteruskan ke pusat. Tentu proposal itu akan diverifikasi sebab tidak sembarang orang bisa menerima dana kisaran Rp 10 juta tersebut. "Tahun ini sudah ada dapat 1 orang, bagi yang minat mendapatkan bisa tanyakan ke Dinas kami siap mendampingi," janji Tresna Dalem. 
 
Sementara Manager Yayasan Bedo Jeff Kristianto menerangkan pihaknya membantu pendampingan wirausaha muda yang sudah berjalan di Tabanan. Rencananya akan ada 30 UKM dan 20 retail yang dibantu pendampingan dalam mengembangkan usaha di Tabanan. "Yang kami bantu adalah usaha yang mandiri atau tradisional agar mereka dapat bersaing dengan toko modern lainnya," jelas Kristianto. 

Penulis : bbn/nod

Editor : Tantri



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Tabanan 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending