Ekbis

Triwulan I-2024, Ekonomi Bali Tumbuh 5,98 Persen, Peringkat ke-6 Nasional

 Sabtu, 08 Juni 2024, 10:39 WITA

beritabali/ist/Triwulan I-2024, Ekonomi Bali Tumbuh 5,98 Persen, Peringkat ke-6 Nasional.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Denpasar. 

Ekonomi Bali triwulan pertama 2024 tumbuh 5,98% (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya sebesar 5,86% (yoy) dan lebih tinggi dari nasional sebesar 5,11% (yoy). 

Kondisi ini menjadikan Bali berada di peringkat keenam pertumbuhan ekonomi tertinggi di seluruh Indonesia. 

Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Bali yang kuat, berkelanjutan, dan inklusif, Bank Indonesia mendukung program transformasi ekonomi Bali "Nangun Sat Kerthi Loka Bali" yang mendorong pembangunan sektor-sektor unggulan selain pariwisata. 

Guna mendorong sektor-sektor unggulan tersebut tentunya membutuhkan dukungan pembiayaan investasi yang tidak dapat mengandalkan APBN dan APBD semata. 

Sesuai kajian Bappenas tahun 2021, dibutuhkan dukungan pembiayaan investasi secara kumulatif sebesar lebih dari delapan ribu triliun selama 2022–2045. 

Untuk menarik investasi yang berkelanjutan, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali akan menyelenggarakan Strategic Flagship Event yang bertajuk Bali Jagadhita 2024. 

"Bali Jagadhita merupakan event tahunan yang digelar oleh Bank Indonesia bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bali sejak tahun 2020, yang antara lain bertujuan untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI)," jelas Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, G.A. Diah Utari kemarin, Kamis,(6/6/2024) dalam keterangan tertulisnya di Renon, Denpasar.

Dalam penyelenggaraan kelima tahun 2024 ini, fokus Bali Jagadhita tidak hanya pada promosi perdagangan melalui pameran UMKM, tetapi juga melibatkan promosi terintegrasi yang mencakup perdagangan, pariwisata, dan investasi. 


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending