search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ngembak Geni, Ribuan Warga ‘Serbu’ Pantai
Sabtu, 8 Maret 2008, 18:26 WITA Follow
image

image.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Ribuan masyarakat Denpasar dan sekitarnya ‘menyerbu’ pantai Sanur, Sabtu (8/3). Sehari setelah Nyepi, masyarakat Hindu Bali merayakan hari ‘Ngembak Geni’, saat berakhirnya pelaksanaan catur brata penyepian/Nyepi

Dari pantauan BeritaBali.com di lapangan, Sejak pukul 07.00 wita hingga siang, sepanjang pantai di Sanur sekitar 2 km mulai dari pantai Matahari Terbit sampai pantai hotel Inna Grand Bali Beach penuh sesak dipadati pengunjung warga lokal. Sebagian besar dari pengunjung mengajak keluarga mereka.

Mandi di pantai pada hari Ngembak Geni sudah menjadi semacam tradisi sebagian masyarakat HIndu Bali . Ada keyakinan bahwa dengan mandi di laut bisa membersihkan tubuh baik lahir maupun batin. Sebagian dari pengunjung yang datang menghaturkan sesajen 'canang' di pinggir pantai sebelum mandi guna memeroleh keselamatan dan lindungan-Nya.

 

“Saya sekeluarga rutin mandi ke sini (Sanur) pada saat hari Ngembak Geni,” ujar Made Sudi, warga Denpasar yang datang bersama keluarga. Keramaian pengunjung akan berlanjut hingga sore hari, bahkan jumlahnya jauh lebih banyak lagi.“Ya, bisa dipastikan jumlah pengunjung pada sore hari berlipat dibanding paginya,” ujar seorang pedagang jagung bakar di jalan Matahari Terbit.

Reporter: bbn/sss



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami