search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
20 Hektar Tanah Warga Belum Ada Kesepakatan
Selasa, 25 Maret 2008, 17:07 WITA Follow
image

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Pasca pemancangan tiang pembangunan PLTU Celukan Bawang hingga Selasa (25/3) masih menyisakan sejumlah permasalahan terkait pembebasan lahan milik warga seluas 20 hektar yang masih belum ada kesepakatan harga beli. “Lahan yang sudah dibebaskan sekarang mencapai 45 Ha dari rencana kebutuhan kurang lebih 65 Ha, sisa lahan 20 Ha masih belum ada kesepakatan dari 190 kepala keluarga di sekitar lokasi PLTU Celukan Bawang” ungkap Ketua tim pembebasan lahan PLTU, Celukang Bawang, Ida Bagus Oka Susrama.


Ida Bagus Oka Susrama yang juga Camat Gerokgak mengatakan, kendala yang dihadapi untuk pembebasan lahan milik warga itu akibat belum adanya kesepakatan harga. “Kalau masyarakat asli disana sudah ikut, intinya mereka ingin punya lahan dari satu are menjadi dua are. Kalau rumahnya semi permanen, minta yang permanen. Kalau ada yang memberi nilai harga terlalu tinggi, pemilik lahan bukan dari sana (Celukan Bawang,red),” ujar Oka Susrama.
Belum adanya kesepakatan antara 190 KK dengan PT General Energy Bali diakibatkan adanya permintaan harga 3–5 kali lipat dari penawaran PT General Energy Bali, dimana penawaran PT General Energy Bali, untuk lahan kosong dan tegalan ditawar 5 juta rupiah per-are, sedangkan untuk pekarangan ditawar 15 juta rupiah per-are. Penawaran tersebut jauh lebih tinggi dari nilai jual obyek pajak atau NJOP untuk kawasan Celukan Bawang.


Sementara, rencana pembangunan PLTU di Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak sudah dimulai 2003 lalu, namun sempat mandeg, rencana tersebut dilanjutkan lagi di 2007. Total investasi dalam pembangunan PLTU tersebut mencapai Rp 6 Triliun dan sampai tahun 2010 dari PLTU itu, akan dihasilkan daya listrik berkekuatan 780 MW. 

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami