search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tuyul Gentayangan Resahkan Warga Panca Seming
Selasa, 1 Februari 2011, 19:07 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Setelah isu adanya babi ngepet yang "jalan-jalan" hampir setiap malam di Dusun Jati, Banyubiru, Negara kini giliran isu tuyul gentayangan yang meresahkan warga Dusun Panca Seming, Batuagung, Jembrana. Isu adanya mahluk gaib pencuri uang ini berawal ketika sejak beberapa hari belakangan ini, hampir setiap hari ada saja warga setempat yang kehilangan uang.

Dari informasi yang dihimpun, Selasa (1/2), sejak beberapa hari belakangan ini sejumlah warga di Dusun Panca Seming mengaku kehilangan uang nya dengan cara yang tidak masuk akal. Gusti Putu Terka, mantan Kepala Dusun Panca Seming mengaku kehilangan uang Rp. 475 ribu yang disimpannya dalam laci di warung kelontong miliknya. Uang sejumlah itu, kata Terka, dicuri sebanyak dua kali, pertama hilang Rp. 400 ribu selang beberapa jam kemudian hilang lagi Rp. 75 ribu.

"Ini betul-betul aneh, saat saya kehilangan uang itu, selama sehari penuh saya menunggu warung. Saya tahunya hilang saat saya menghitung uang dalam laci tempat saya menyimpan hasil berjualan," ujar Terka, Selasa (1/2).

Terka mengaku sudah menanyakan kepada seluruh keluarganya karena siapa tahu ada salah seorang anggota keluarganya yang mengambil uang tersebut. "Saya tanya seisi rumah tapi semua mengaku tidak mengambil uang tersebut. Saya juga seharian itu tidak menerima tamu,"ujarnya heran.

Cerita senada juga diungkapkan Nengah Darmawan yang mengaku kehilangan uang Rp. 65 ribu yang ditaruhnya dalam dompet. Saat ditemui, Selasa (1/2), Darmawan mengungkapkan sebelum uangnya hilang dirinya mengecek uang di dompet karena ada keperluan membeli kado buat menghadiri undangan.

"Ketika saya mau bayar, ternyata uang dalam dompet itu sudah tidak ada. Ini kan aneh sekali, padahal saya tidak merasa ada yang jatuh dan jarak rumah saya dengan warung itu hanya beberapa meter saja dan ditempuh dalam waktu beberapa menit saja. Sepertinya diambil oleh tuyul," ungkapnya.

IB Panca, warga lainnya malah mengaku hampir seluruh anggota keluarganya kehilangan uang dengan cara yang aneh dan tidak masuk akal. "Jangankan uang di laci, uang di celengan dan di saku saja bisa hilang dengan cara yang tidak masuk akal. Hilangnya tidak mengenal waktu, pagi, siang atau sore bahkan malam,"katanya.

Menurut Panca, kejadian kehilangan uang yang menimpa warga Panca Seming terjadi secara beruntun. "Bahkan dalam sehari bisa lebih dari dua orang yang mengaku kehilangan uangnya," ucap Panca. Setelah diamati, kata Panca, hanya warga yang bermukim di timur sungai saja yang kehilangan uang.

Sementara yang di barat sungai tidak satupun warganya kehilangan uang. Panca juga mengatakan kendati banyak warganya kehilangan uang namun warga belum mengadukannya ke aparat lantaran masih berupaya mencari sendiri pencurinya. "Bahkan ada warga kami yang menempuh cara-cara magis agar tidak kehilangan uang," tambahnya.

Reporter: bbn/dey



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami