search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
25 ABK Diselamatkan Kapal Perang Amerika
Selasa, 12 Juli 2011, 10:32 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

25 ABK atau anak buah kapal Kapal Motor Wijaya 09 berhasil diselamatkan sebuah kapal perang Amerika Serikat, setelah kapal perahu motor pencari ikan tersebut mengalami kebocoran dan tenggelam di perairan Samudera Hindia.

Setelah berhasil diselamatkan sebuah kapal perang Amerika Serikat di wilayah perairan Samudera Hindia, 25 ABK Kapal Motor Wijaya 09 dijemput anggota TNI AL dari KRI Malahayati di 120 mil laut selatan Pelabuhan Benoa Denpasar. 25 ABK ini selanjutnya dibawa ke Pelabuhan Benoa untuk mendapat perawatan dan pemeriksaan kesehatan.

Salah seorang ABK KM Wijaya 09 bernama Heru menceritakan, pada Kamis malam kapal KM Wijaya mengalami kebocoran di ruang mesin mulai jam 8 hingga 11 malam. Saat mengalami kebocoran dan dalam kondisi hampir tenggelam, KM Wijaya sempat bertemu sebuah kapal pencari ikan tuna namun malah ditinggal pergi.

"Kita sempat ketemu kapal pencari tuna, kapal itu sudah dekat tapi tidak memberi pertolongan. Semua lampunya dimatikan dan kita semua malah ditinggal pergi," jelas Heru.

25 ABk terus melakukan usaha menguras air yang masuk kapal agar tidak tenggelam. Jam 4 Jumat pagi air yang masuk kapal berhasil dikuras, namun jam 7 pagi bocor lagi dan kapal sudah mau tenggelam.

"Hari Jumat jam 8 pagi ada helikopter terbang di atas kapal kami. Kami semua melambaikan tangan, 2 orang teman meloncat ke laut sambil berteriak minta tolong. Akhirnya kami diselamatkan para kru helikopter dan dibawa ke sebuah kapal yang ternyata sebuah kapal perang Amerika," imbuh Heru.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Wayan Suarjaya menambahakan, setelah menolong 25 ABK Indonesia, kapal perang Amerika melakukan kontak dengan Markas Besar TNI AL. KRI Malahayati yang sedang berada di Pelabuhan Benoa kemudian diperintahkan mengevakuasi 25 ABK KM Wijaya 09.

"KM Wijaya mengalami kebocoran di bagian mesin. 25 ABK berhasil diselamatkan kapal perang Amerika yang kebetulan melintas di sana. Semuanya lalu kita evakuasi di 120 mil laut selatan Pelabuhan Benoa," jelasnya.

 



Sebelum tenggelam, KM Wijaya 09 berangkat dari Dermaga Muara Baru Jakarta untuk mencari ikan di perairan Samudera Hindia. Kapal mengalami kebocoran dan tenggelam di perairan selatan Jawa Barat. 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami