search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wisata "Cooking Lesson" Makanan Tradisional Bali, dari Kebun ke Dapur
Rabu, 30 Desember 2015, 10:10 WITA Follow
image

beritabali.com/file

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Mengwi. Selain menikmati keindahan alam dan seni budaya setempat, wisatawan yang datang ke Bali juga menyempatkan diri untuk belajar memasak makanan tradisional Bali. Diantaranya belajar membuat bebek betutu dan sate lilit.
 
Paket wisata belajar memasak atau Bali Cooking lesson ini, diantaranya terdapat di kawasan Desa Mengwi, Kabupaten Badung Bali. Tempat belajar memasak yang dikelola Ketut Pramana pemilik Yoga Coffe Luwak ini, merupakan salah satu yang sudah lulus uji dari tim penguji asing, sehingga masakan yang dimasak dan disajikan layak dan aman untuk dikonsumsi wisatawan asing.
 
Meski baru dibuka setahun lalu, namun tempat ini sudah sering didatangi wisatawan asing yang ingin belajar masak makanan tradisional Bali. salah satunya adalah rombongan guru dari Australia.
 
Sebelum belajar memasak, para wisatawan asal Australia diajak ke kebun untuk belajar tentang aneka jenis bahan bumbu Bali. Usai di kebun, para wisatawan langsung diajak ke dapur untuk belajar membuat bumbu khas bali yang dikenal dengan sebutan basa genap atau bumbu lengkap. Basa Genap terdiri dari racikan cabai, bawang merah, bawang putih, sereh dan rempah-rempah khas Bali lainnya.
 
Selain belajar membuat bumbu khas Bali, dalam pelajaran memasak ini, para wisatawan juga belajar cara membuat bebek betutu. Sate lilit yang menjadi kuliner khas Bali juga diajarkan dalam wisata belajar memasak ini.
 
 
Usai memasak, wisatawan asing bisa langsung mencicipi makanan yang dibuatnya, seperti sate lilit dan bebek betutu. Para wisatawan asing mengaku sangat senang dengan wisata ini dan merupakan sebuah pengalaman baru.
 
"Senang bisa tahu cara memasak makanan Bali, ini sebuah pengalaman baru bagi saya,"ujar Beth Mc Millan, salah seorang wisatawan Australia yang ikut program wisata ini.
 
Menurut Ketut Pramana, pengelola paket wisata Bali Cooking, selain sebagai alternatif bagi wisatawan yang datang ke Bali, paket wisata memasak ini juga punya tujuan lain.
 
"Kita ingin mengajak wisatawan langsung melihat dapur khas Bali, karena selama ini belum semua tahu seperti apa dapur Bali dan bagaimana proses memasaknya. Dalam paket wisata ini kita ingin turis tahu bahwa kita juga punya standar yang baik dalam memasak. Harapannya ke depan, semua yang datang ke Bali mencoba masakan Bali, seperti turis mencoba masakan khas Mexico,"ujar pria ramah yang pernah berkeliling dunia saat  bekerja di kapal pesiar.
 
Untuk bisa mengikuti paket wisata belajar memasak ini, setiap wisatawan asing dikenai biaya 55 dollar Amerika. Biaya itu sudah termasuk biaya antar jemput dari hotel, biaya kursus masak, dan makan siang di lokasi belajar memasak. 
 
Untuk bisa mengikuti kelas memasak ini silakan melakukan booking atau hubungi kontak pemesanan e-mail : masakbali@gmail.com, dan contact person 081337050347. [bbn/ggk]

Reporter: bbn/eng



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami