search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Nyepi, Ormas Bali Sepakat Jaga Keamanan Malam Pengerupukan
Senin, 7 Maret 2016, 13:05 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

3 ormas besar di Bali yakni Baladika, Pemuda Bali Bersatu (PBB) dan Flobamora, sepakat untuk menjaga pelaksanaan malam Pengerupukan dan hari raya Nyepi di Bali agar senantiasa berjalan aman.
 
Kesepakatan ini disampaikan ketiga ormas, di sela-sela kegiatan bakti sosial di Panti Jompo Wana Sraya, jalan Gemitir, Denpasar (7/3/2016). 
 
Pertemuan dihadiri pimpinan ketiga ormas seperti Ketua Umum Baladika Bali Ida Bagus Sucipta atau Gus Bota, Ketua Umum PBB I Komang Gede Juliantara atau Wi Mang De, Ketua Ikatan Keluarga Besar (IKB) Flobamora Bali Yoseph Yulius Diaz atau akrab disapa Yusdi, dan  Ketua Harian Pemuda Bali Bersatu (PBB), Made Mulyawan Arya atau De Gajah, dan jajaran pengurus masing-masing. 
 
Ketua Harian Pemuda Bali Bersatu (PBB), Made Mulyawan Arya atau De Gajah, mewakili 3 ormas yang hadir menyatakan, ketiga ormas besar ini sepakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Nyepi di Bali, terutama saat malam Pengerupukan(sehari jelang Nyepi) yang biasanya rawan gesekan antar warga.
 
"Kami imbau kepada semua elemen masyaraat, saat Pengerupukan agar ikut menjaga kemananan, agar bisa berjalan dengan baik dan khusuk, karena itu (perayaan Nyepi) milik kita semua. Hindari alkohol sebelum pengerupukan, sound system bersuara keras juga diganti dengan bleganjur dan tarian agar ada nilai budaya dan membawa kesejekukan,"ujarnya.
 
Selain itu, pecalang (keamanan desa adat Bali) juga diminta ikut menjaga keamanan masing-masing banjar  agar tidak mendapat gangguan dari pihak luar sehingga Nyepi berjalan dapat berjalan baik dan aman.
 
 
"Kita ormas (Baladika, PBB, Flobamora) sepakat semua berjalan aman dan damai, kita imbau malam Pengerupukan tidak rusuh, damai, semua ikut jaga Bali agar tetap aman,"ujarnya.

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami