search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jimbafest 2017, Tonjolkan Budaya dan Pesan Kebhinekaan
Kamis, 20 April 2017, 20:05 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Jimbaran. Jimbaran Hijau bersama UPT (Unit Pelaksana Teknis)  DisdikporaKuta Selatan kembali bekerjasama menyelenggarakan kegiatan Jimbafest 2017 yang bertemakan Green, Education, Art, Culture, and Fun untuk memperingati Hari Bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April. 
 
Jimbafest 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 21-22 April 2017 bertempat di Jimbaran HUB (Jalan Karang Mas, Jimbaran). Acara Jimbafest 2017 ini merupakan kegiatan rutin tahunan CSR Jimbaran Hijau untuk memperingati Hari Bumi sejak tahun 2014. 
 
[pilihan-redaksi]
Nilai dari tema yang diangkat yaitu untuk mengajak masyarakat dari segala usia dan seluruh kalangan untuk lebih sadar lagi dengan bumi dan lingkungan sekitar melalui suatu kegiatan yang dapat mengajak kita untuk tetap menjaga lingkungan dengan upaya penghijauan yang dapat menyelamatkan dan melestarikan lingkungan- Green, mengedukasi seluruh kalangan khususnya anak usia dini dalam mengenalkan upaya-upaya pendidikan menjaga lingkungan - Education, sebagai suatu wadah untuk menyalurkan bakat khususnya melalui seni- Art, mempererat rasa persaudaraaan serta menjaga budaya Bali yang berbasis kebudayaan yang telah lama diusung sebagai rasa memperkuat dan mempersatukan budaya - Cultural, dan kegiatan ini dapat membawa kegembiraan bagi seluruh kalangan dalam perayaan Hari Bumi - Fun. 
 
"Jimbafest tahun ini kita lebih ke cultural, ada seni instalasi bambu, karena kita mau kawasan Jimbaran nanti menjadi base-nya komunitas seni dan budaya, inklusif, bukan ekalusif, bisa menjadi "New Ubud". Tahun ini juga ada pesan kebhinekaan dalam Jimbafest," ujar penggagas Jimbafest, Putu Agung Prianta didampingi Wayan Sukamta selaku Ketua panitia Jimbafest  2017, di Jimbaran Hub, Kamis (20/4/2017).
 
Pada tahun ini, akan diadakan berbagai lomba dengan melibatkan cakupan peserta yang lebih luas dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu siswa-siswi TK dan SD tingkat kecamatan, Sekaa Teruna-teruni serta Ibu-ibu PKK dari 13 banjar adat di Jimbaran. 
 
Lomba yang diadakan terbagi menjadi dua kategori, yaitu Art Competition yang meliputi lomba puisi, lomba mesatua bali, lomba pidato bahasa inggris, lomba menyanyi, serta lomba mewarnai; dan Culture Competition yang meliputi lomba penjor dan lomba gebogan. 
 
Selain lomba kreatifitas seni dan budaya tersebut, diadakan pula Bamboo Workshop dan Garden Tour. Bamboo Workshop merupakan kegiatan yang diadakan oleh I Wayan Sujana (Suklu) dalam memberikan edukasi mengenai nilai seni dalam pengolahan Bambu dan akan diikuti oleh Siswa-siswi SD, sedangkan Garden Tour yaitu kegiatan yang mengajak beberapa pihak partisipan (institusi, tamu undangan, dan sponsorships) untuk mengunjungi Jeha Farm yang memiliki kebun hortikultura, kebun hidroponik, budidaya ikan lele, kumbung jamur dan produksi pupuk kompos.
 
Beberapa kategori booth/stand juga tersedia dalam acara Jimbafest 2017 ini, yaitu stand komunitas yang akan diikuti oleh BEM Fakultas Pertanian Unud, Earth Hour Denpasar, Bali Light House, Eco Bali Recycling, Komunitas Bring Your Tumbler, Komunitas Satwa Eksotik Bali, GEMA Inti, Mahasiswa Wirausaha Kreatif, dan 26 Stand Ekonomi Kreatif lainnya.
 
Berbagai kegiatan hiburan yaitu Parade Baleganjur (salah satu jenis aliran gamelan di Bali) dan Tari Kecak (pertunjukan tarian seni khas Bali) juga dikemas secara apik sebagai rangkaian acara Jimbafest 2017 sehingga seluruh pengunjung dapat menikmati dan merasakan euforia dari perayaan Hari Bumi di Jimbaran HUB. 
 
Acara Jimbafest 2017 juga dimeriahkan dengan penampilan grup musik dari Sound of Mine, The Wheels, Rockabali Mob, Postmen, dan Jun Bintang. [bbn/rls/psk]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami