search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dinas Koperasi Badung Siapkan Dana Bergulir Rp25 Miliar pada 2018
Kamis, 21 September 2017, 10:00 WITA Follow
image

ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Badung. Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan  Kabupaten Badung telah siapkan dana bergulir yang akan digelodorkan ke Koperasi dan UKM di Badung pada 2018 nanti. Hal tersebut dilakukan agar akses permodalan  koperasi dan UKM menjadi lebih baik lagi.

[pilihan-redaksi]

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Ketut Karpiana, Rabu, (20/9) di Puspem Badung mengatakan pihaknya juga akan melihat UKM mana saja yang layak menerima dana tersebut.

"Tahun depan kami (Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Badung) akan siapkan dana bergulir sebesar 25 milyar bagi Koperasi dan para UKM di Badung," jelasnya.

Kata dia, UKM itu nantinya akan dinilai oleh sebuah Lembaga yang saat ini masih dalam proses di DPRD Badung.

"Kita akan sosialisasikan bagi koperasi yang membutuhkan dana dia akan mengajukan permohonan, permohonan tersebut selanjutnya dinilai oleh lembaga bergulir (Yang saat ini sudah diproses terakhir di DPRD Badung dan pada 2018 sudah dapat berjalan dengan memiliki kewenangan khusus) layak atau tidak diberikan dana bergulir tersebut tentu akan dilihat terlebih dahulu kesehatan dan sebagainya dari koperasi tersebut. Nanti akan kami arahkan bagi koperasi dan UKM mana saja yang layak untuk dibantu," ujarnya.

Selain itu dia juga menyampaikan, di tahun yang akan datang akan menjalin kerja sama  juga dengan tim penjamin jika nantinya Koperasi sudah Bankable.

"Kita juga akan lakukan kerjasama dengan team penjamin, jika Koperasi tersebut sudah Bankabel. Di tahun depan sedang dibahas lihat saja nanti, karena masih berproses yang bentuknya nanti berupa Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)," ucapnya.

Karpiana berharap, jika nanti dana bergulir tersebut sampai kepada koperasi setidaknya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh koperasi karena dana tersebut dana bergulir tentu nantinya harus dikembalikan. Dana bergulir tersebut tidak diam, yang akan digulirkan lagi kepada Koperasi dan UKM lain di Badung.

"Harus dikembalikan,  jika  memang koperasi tersebut tidak Bankabel akan ada penjamin nantinya," katanya.

Sembari dia menambahkan, sampai saat ini akses permodaan koperasi tidak ada masalah. [bpc/aga]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami