search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pantai Pandawa Cerita Sukses Inovasi Desa yang Bisa Ditularkan ke Desa Lainnya
Selasa, 16 Oktober 2018, 09:02 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com,Badung. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan sejarah Pantai Pandawa merupakan suatu inovasi masyarakat Desa Kutuh yang perlu dicontoh. 
 
[pilihan-redaksi]
Dimana, kata dia akses masuk ke pantai yang dikerjakan secara besar dan masif, awalnya untuk kepentingan umum terkait adat dan upacara, kini justru berbuah manis karena menjadi obyek wisata berupa pantai Pandawa. Selain berdampak pada sektor pendapatan desa juga memberikan lapangan kerja bagi masyarakat desa. 
 
"Jadi inovasi inilah yang kita sebarkan ke seluruh desa di Indonesia. Sebab saat ini di desa-desa sekarang ada program inovasi desa. Dimana program desa yang dianggap inovatif itu akan diberikan insentif untuk pengembangannya," ungkapnya, Senin (16/10) di Nusa DUa, Bali.
 
[pilihan-redaksi2]
Dilanjutkan dana inovasi tersebut merupakan bantuan kepada desa yang telah berinovasi dimana tiap desa dibantu dengan dana insentif sebesar 100 ribu US dollar atau sekitar Rp.1,5 miliar. Bantuan itu dimaksudkan sebagai upaya untuk menginvestasikan inovasi yang ada di desa itu tersebut. Dengan demikian, lanjutnya maka desa tersebut bisa menjadi motor bagi desa yang lain atau menjadi contoh bagi desa lainnya.
 
"Seperti Kutuh, ini dulunya adalah desa miskin. Tapi disana sekarang sangat maju, dimana BUMDa disana mempunyai omset lebih dari Rp.34 miliar dengan profit lebih dari Rp.14 miliar," contohnya. (bbn/aga/rob)

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami