search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ritual "Fang Shen" di Hari Waisak: Ribuan Ikan Dilepas di Dermaga Pelabuhan Benoa
Minggu, 19 Mei 2019, 14:55 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Perayaan hari Tri Suci Waisak 2563 BE, umat Budha yang tergabung dalam komunitas Flourishing Buddhist Center (FBC) Bali mengadakan upacara "Fang Shen" atau pelepasan satwa hidup berupa ribuan ikan di Dermaga Pelabuhan Benoa, Denpasar, Minggu (19/5).
 
[pilihan-redaksi]
Ketua FBC, Anni Go mengatakan upacara ini dilakukan bertepatan di Hari Waisak agar pahala yang dilimpahkan berlipat ganda untuk melepas dari penderitaan makhluk hidup. Menurutnya, tujuan dari upacara Fang Shen ini adalah bisa melepaskan keterikatan manusia akan makhluk hidup lainnya sekaligus membebaskan mereka dari penderitaan.
 
"Kita kumpulkan ikan kita beli dari restoran, pasar dan pengepul ini bukan untuk dikonsumsi, tetapi kita lepaskan untuk dikembalikan ke habitat asalnya, tujuannya agar semua makhluk hidup berbahagia," ujarnya.
 
 
Ia menampik asumsi bahwa sebagian orang berpendapat jika telah melakukan Fan Shen lantas tidak boleh mengkonsumsi hewan yang dilepas. Seharusnya, kata dia yang perlu dipahami dari upacara ini adalah mengurangi penderitaan mereka karena selama ini telah mengkonsumsi makhluk hidup hewan di dunia.
 
"Kami berharap masyarakat umum untuk ikut serta dalam kegiatan ini untuk memahami makna ritual pelepasan satwa agar membebasakan mereka pada penderitaan," ungkapnya.     
 
Bagus Arya, Wakil Ketua FBC menambahkan upacara ini juga dimaknai sebagai pelestarian ekosistem. Untuk keseimbangan ekosistem, lanjutnya hewan yang dikonsumsi manusia juga harus dikembalikan ke alam. "Ada yang mengkonsumsi ada juga yang mengembalikan, agar ekosistem tetap terjaga," sebutnya.
 
[pilihan-redaksi2]
Dengan melepas satwa hidup ini juga diharapkan manusia dapat perlahan mengarah ke pola hidup vegetarian karena fenomena alam saat ini menunjukkan banyak hewan terjangkit virus yang membahayakan kehidupan manusia. Hal ini sebagai tanda agar manusia mengurangi konsumsi daging.  
 
Sementara salah satu umat, Eddie Hansen menuturkan sederhananya pemaknaan Fang Shen adalah menyelamatkan nyawa makhluk yang dilakukan umat secara bersama-sama. Semakin banyak, lanjutnya semakin bagus. Ini dihaturkan dengan harapan di kehidupan mereka kelak bereinkarnasi menjadi makhluk yang lebih mulia. 
 
 
Upacara Fang Shen yang diikuti sekitar puluhan umat Budha yang sebagaian besar berpakaian merah ini berlangsung dengan suka cita. Adapun hewan yang dilepas kali ini diantaranya ikan bandeng sebanyak 18.108 ekor, udang sebanyak 185 Kg, ikan kerapu sebanyak 129 kg (384 ekor) dan ikan kakap sebanyak 80 Kg (159 ekor). (bbn/rob)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami