search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Paket Jaya-Wira Optimistis Genjot PAD Tabanan di Atas Rp600 Miliar
Senin, 26 Oktober 2020, 23:05 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Paguyuban wartawan di Tabanan yang tergabung dalam Pewarta mengadakan acara talk show dengan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2020. Acara ini sekaligus untuk memperingati hari jadi paguyuban ini yang ke-VI. 

“Kami ingin ikut memberikan warna pada hajatan Pilkada ini, tentunya dengan gaya khas wartawan,” kata Ketua Pewarta Tabanan I Made Donni Darmawan Senin, (26/10). 

Pada talk show yang pertama, Pewarta mengadakan acara dengan Paslon nomor satu I Komang Gde Sanjaya dan I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira). Konsep acara ini digelar secara daring. Selanjutnya pada Selasa, (27/10) acara serupa akan digelar dengan Paslon nomor dua yakni Anak Agung Ngurah Panji Astika dan I Dewa Nyoman Budiasa. 

Terkait tentang visi dan misinya, Cabup Komang Gde Sanjaya mengungkapkan Pasangan Jaya-Wira mengusung Visi-misi Aman, Unggul dan Madani (AUM) dengan misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Tabanan, program utama di antaranya adalah membangun infrastruktur dan sektor pertanian karena Tabanan adalah lumbung pangannya Bali.

"Visi misi pembangunan yang kami usung hakekatnya sejalan dengan visi dan misi Presiden serta Gubernur Bali. Pembangunan yang akan kami lakukan adalah pembangunan yang berkelanjutan. Apa yang sudah dilakukan oleh Eka-Jaya akan kami lanjutkan. Yang kurang akan kami perbaiki. Yang sudah baik akan kami tingkatkan," katanya.

Terkait penanganan Covid-19, Cabup Sanjaya mengungkapkan akan melanjutkan program yang sudah dijalankan pemerintah saat ini karena covid-19 tidak hanya terjadi di Tabanan saja namun terjadi secara global, sehingga penanganannya juga harus memperhatikan program kebijakan nasional dan provinsi.

"Pandemi covid-19 ini bukan hanya problem Tabanan, tapi juga problem nasional dan provinsi sehingga penanganannya harus melibatkan nasional dan provinsi, khusunya dalam hal pendanaan," ujar Cabup Sanjaya   

Cabup Sanjaya menambahkan, untuk penanganan Covid-19 di Tabanan ke depan dilakukan dengan program jangka pendek, menengah dan panjang. 

"Program jangka pendek yang sudah dilakukan di antaranya adalah pembagian puluhan ribu bibit tanaman buah, sayuran dan benih ikan lele kepada warga yang terdampak. Kami sudah melakukan secara nyata, bukan hanya wacana," katanya.

Terkait pembangunan sektor pertanian ke depan, menurut Cabup Sanjaya Pertanian di Tabanan merupakan soko guru karena warisan sejak dulu sudah sejak lama ditekuni oleh warga masyarakat Tabanan. Namun saat ini termarginalkan karena banyak yang mengandalkan dan beralih ke sektor pariwisata sehingga ke depan pertanian secara luas harus lebih dioptimalkan.

Demikian juga dengan pertanyaan presenter tentang peningkatan PAD ke depannya. Pasangan Jaya-Wira optimistis PAD Tabanan yang saat ini sekitar Rp 450 miliar bisa ditingkatkan lagi lebih dari Rp600 miliar. Hal ini diungkapkan Paslon Jaya-Wira karena mereka sudah memiliki pengalaman. Cabup Sanjaya berpengalaman selama 10 tahun sebagai Wakil Bupati sedangkan Cawabup Edy Wirawan berpengalaman di legislatif selama hampir tiga periode diantaranya di Badan Anggaran.

"Saat Eka-Jaya baru menjabat dulu, PAD Tabanan baru sekitar Rp 70 miliar sekarang sudah Rp 450 miliar, Kami optimis PAD bisa ditingkatkan lagi ke depannya," ujar Cabup Sanjaya. 

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami