search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lulut Emas Muncul di Pekarangan Rumah Warga Sidemen
Kamis, 26 November 2020, 21:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Lulut emas, hewan menyerupai cacing bergerombolan berwarna kuning keemasan muncul di pekarangan rumah salah satu warga Desa Sinduwati, Sidemen, Karangasem pada Rabu (25/11/2020) pagi.

Berdasarkan penurutan dari pemilik rumah, lulut emas tersebut pertama kali diketahui muncul pada Rabu pagi sekitar pukul 06.00 WITA di areal pekarangan rumahnya.

"Kemarin pagi sekitar pukul 06.00 WITA, munculnya di tengah pekarangan tepat di depan Pelinggih Penunggu Karang," begitu kata Komang selaku pemilik rumah yang enggan menyebutkan nama lengkapnya pada Kamis (26/11/2020). 

Lanjutnya, setelah kemunculan lulut emas tersebut atas berbagai pertimbangan lulut tersebut kemudian dibuatkan "segehan brumbun" lalu disapu dan dibuang ke aliran sungai. Komang sendiri mengaku tidak mendapat firasat apapun atas kemunculan lulut emas tersebut di pekarangan rumahnya. Hanya saja ia sempat bertanya kepada tokoh spiritual dan disarankan untuk melaksanakan pecaruan di pekarangan rumahnya.

Sementara itu, terkait kemunculan "lulut mas", menurut berbagai sumber menyebutkan bahwa munculnya lulut banyak dikaitkan sebagai pertanda bahwa di areal pekarangan rumah tersebut perlu dilaksanakan semacam upacara pecaruan. 

Bahkan tak jarang kemunculan lulut juga dianggap sebagai pertanda bahwa akan terjadi sesuatu sehingga perlu dilakukan semacam upacara pecaruan.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami