search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pasar Ikan Kedonganan Kini Punya IPAL
Selasa, 23 November 2021, 13:40 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pasar Ikan Kedonganan Kini Punya IPAL.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Pasar ikan di Pantai Kedonganan saat ini telah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

IPAL tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sistem tersebut tertanam pada sisi selatan pintu masuk Dermaga Watu Nunggul. 

Hal itu disampaikan, Pengelola Pasar Ikan Kedonganan I Wayan Tenja Suerta belum lama ini. “Dengan adanya ini, maka astungkara tidak ada lagi limbah cucian ikan yang terbuang lagi ke pantai,” jelasnya.

IPAL tersebut telah terpasang serta dioperasikan sejak dua bulan lalu. Dengan hasilnya berupa air bersih, bahkan sudah sempat beberapa kali dimanfaatkan untuk menyiram.

“Limbah cucian ikan yang dihasilkan di pasar ikan ini per harinya mencapai angka 5 sampai 8 ton, bahkan bisa lebih. Karena itulah kami kembali mengajukan penambahan, dengan harapan kapasitasnya nanti mencapai 16 ton,” katanya.

Sistem itupun katanya dilengkapi dengan bak penyerapan. Sehingga ketika hasil pengolahannya nanti tidak terpakai melebihi daya tampung, maka secara otomatis terbuang dan terserap ke dalam tanah melalui overflow yang disediakan. 

“Perlu saya tekankan juga, yang terbuang ke bak penyerapan itu adalah yang sudah terolah jadi air. Bukan yang masih berupa limbah,” katanya.

Limbah yang masuk ke dalam sistem tersebut hanyalah yang berupa limbah cair. Untuk memastikan hal tersebut maka, sistem juga telah dilengkapi semacam filter. 

“Jika ada  limbah padat yang tersangkut, maka akan dipungut agar tidak menyumbat saluran menuju sistem,” ucapnya.

Evaluasi terhadap penerapan IPAL itu tentu dilakukan secara berkelanjutan. Dirinya berharap agar sistem memberikan manfaat optimal, sejalan dengan komitmen pihaknya bersama-sama Desa Adat Kedonganan, yakni menciptakan pasar ikan dan Pantai Kedonganan yang lebih bersih, tertata, dan bebas dari buangan limbah sembarangan.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami