search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Taman Kota Lumintang, Ruang Rekreasi Edukasi di Denpasar
Kamis, 13 Januari 2022, 17:20 WITA Follow
image

bbn/Arahjalan.com/Taman Kota Lumintang, Ruang Rekreasi Edukasi di Denpasar

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Taman kota dapat menjadi salah satu pusat rekreasi dan edukasi di lingkungan perkotaan. Denpasar memiliki taman kota dengan pendekatan edukasi dan rekreasi kepada masyarakat. 

Salah satunya adalah Taman Kota Lumintang yang berada disisi utara Kota Denpasar. Taman ini terbagi dalam beberapa jenis taman lain seperti Taman lalu lintas, taman lansia, taman fitnes, taman burung, taman digital, taman bermain anak. Semuanya dapat menjadi wahana rekreasi bersantai ditengah kota. 

Terlebih saat ini Taman Kota Lumintang sudah dilengkapi dengan air mancur menari dan warna warni, dimana setiap orang yang melihatnya akan dibuat terpesona, dengan iringan musik serta dibarengi oleh kelap kelip lampu warna-warni ditengah malam serta saat ini telah dilengkapi dengan air mancur sebagai screen menampilkan berbagai kegiatan seni budaya di Kota Denpasar. 

"Setiap hari sabtu dan minggu serta hari libur nasional menjadikan taman-taman ini sebagai ruang rekreasi dan edukasi bagi masyarakat," ujar Kasubag Pengumpulan Informasi dan Publikasi Bagian Humas dan Protokol, Setda Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana. Tidak hanya berjubel melakukan aktivitas ditengah lapangan, namun taman ini juga dimanfaatkan sebagai tempat bermain anak. Kini taman Kota Lumintang telah menjelma menjadi taman kota yang indah yang sudah barang tentunya menjadi pilihan baru untuk berekreasi dan mendapatkan edukasi bersama keluarga.


Taman Kota Lumintang dilengkapi taman lalu lintas yang telah diresmikan dengan sarana dan prasarana rambu-rambu lalu lintas yang dapat menjadi edukasi bagi anak dalam berlalulintas dijalan raya. 

Kemudian bergeser ke sisi utara lapangan Lumintang tepat ditengah taman kota terdapat taman digital memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses media teknologi informasi lewat layanan internet yang nyaman serta dilengkapi tempat duduk dan meja. 

Ruang terbuka hijau pada taman lumintang juga ditata lewat taman lansia yang hampir sering dipergunakan para masyarakat lanasia untuk menjalankan aktivitas senam maupun olahraga ringan seperti berjalan kaki. Disana juga terdapat taman burung, dimana kita bisa mengajari anak dan mengenal kelincahan burung merpati yang dapat berinteraksi langsung sembari memberikan makan. 

Bagi masyarakat yang sedang berolahraga juga  dimanjakan dengan  beberapa fasilitas kebugaran yang sudah barang tentunya bisa dinikmati dengan tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Bergeser ke sisi timur, Pemerintah Kota Denpasar saat ini juga sudah merampungkan youth park (taman pemuda), dimana fungsi serta pemanfaatanya lebih diperuntukan untuk menampung kreativitas anak muda Denpasar. 

Pada area Youth Park ini sendiri memiliki coworking space, mini foodcort, pembinaan  wirausaha muda, tam pintar untuk live show musik, tari, teater, dan pameran kreatif (lukisan, foto, dan arsitektur). Youth Park juga dilengkapi jogging track tersendiri, dimana kita bisa jogging sambil melihat bersihnya aliran tukad Tagtag yang sudah tertata dengan baik. Kawasan ini juga dilengkapi CCTV dan wifi gratis sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengakses informasi.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami