search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hindari Makanan dan Minuman ini Jika Sedang Batuk Pilek
Kamis, 13 Januari 2022, 23:40 WITA Follow
image

bbn/HelloSehat.com/Hindari Makanan dan Minuman ini Jika Sedang Batuk Pilek

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Cuaca yang sering tidak terduga pasti akan membuat kondisi tubuh jadi gampang sakit. Dan kadang juga mengalami penyakit musiman seperti batuk pilek. Meski penyakit ini sudah umum, tapi tetap tidak nyaman saat sedang mengalaminya.

Seperti kondisi sakit pada umumnya, pasien harus menghindari sejumlah jenis makanan agar kondisi membaik. berikut sejumlah makanan dan minuman yang wajib dihindari saat sedang batuk pilek.

 1. Gula 

Bagi pecinta manis mungkin ini hal yang menyebalkan. Ada baiknya kebiasaan itu dihindari dulu saat kamu batuk dan pilek, karena gula bisa memperburuk kondisi itu. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Immonulogy pada 2017, peningkatan asupan gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh, terutama saat melawan infeksi virus.  Hal tersebut berlaku untuk flu biasa, jadi sebisa mungkin hindari dahulu makanan dan minuman manis buatan.

2. Makanan pedas  

Mengutip Firstpost, capsaicin dalam cabai mungkin memiliki efek desensitisasi dan membantu mengelola peradangan. Namun sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Critical Review in Food Science and Nutrition" pada 2016, capsaicin juga merangsang produksi lebih banyak dahak.  Makan kari pedas mungkin meredakan gejala batuk dan pilek selama beberapa menit, tetapi itu akan memperburuk keadaan dalam jangka panjang dan menunda pemulihanmu.  

3. Minuman berkafein  

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa penting untuk meningkatkan asupan cairan selama kita batuk dan pilek. Namun minuman berkafein, seperti kopi, teh, bertindak sebagai diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran air dan garam dari tubuh, sebagaimana yang dikutip dari Firstpost.  Jadi, jika meminum 3-4 cangkir cappucino atau latte secara teratur bukanlah ide yang baik ketika batuk dan pilek.  


4. Alkohol  

Sebuah penelitian dalam jurnal "Alcohol" pada 2007 minum alkohol dikaitkan dengan peningkatan peradangan paru-paru dan bronkial. Alkohol juga menekan sel darah putih dalam darahmu yang dibutuhkan untuk melawan flu. Hal tersebut pastinya akan memperburuk kondisi tubuh saat flu atau batuk pilek. 


5. Produk susu  

Mengutip Firstpost, penelitian telah menemukan bahwa susu menghasilkan dahak lebih kental dan sulit untuk dihilangkan. Mengutip Eat This, Maria Zamarripa, MS, RD, CLT mengatakan dahak adalah lendir yang melapisi jaringan kita dan bertindak sebagai pelindung tubuh.  Namun, selama sakit, produksi lendir tubuh kita menjadi berlebihan. Produk susu baik makanan atau minuman yang perlu dihindari atau dibatasi konsumsinya itu termasuk keju, es krim, dan yogurt. 

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami