search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Berikut Makanan Tradisional Bali Yang Ada Saat Hari Raya Nyepi
Jumat, 14 Januari 2022, 12:15 WITA Follow
image

bbn/travel.tribunnews.com/Berikut Makanan Tradisional Bali Yang Ada Saat Hari Raya Nyepi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat hindu di Bali. Hampir sama dengan peryaan lain, setiap hari raya pasti ada makanan tradisional yang disantap termasuk juga dalam perayaan Nyepi di Bali. Berikut sejumlah makanan Tradisional yang kerap hadir dalam peryaaan Hari Raya Nyepi di Bali 

1. Lawar

Lawar sudah seperti kewajiban untuk dihidangkan saat Hari Raya Nyepi. Lawar terbuat dari campuran sayuran, daging cincang, dan bumbu khas Bali. Nah, uniknya penyebutan lawar ini tergantung jenis bahan yang digunakan. Misal menggunakan sayur nangka muda, maka disebut lawar nangka.

2. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng adalah makanan tradisional khas Gianyar Bali. Makanan ini identik dengan rasa pedas dengan bumbu dari rempah-rempah pilihan. Ciri khas nasi tepeng dilihat dari isinya, seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut di atasnya. Untuk menambah kenikmatan rasa, nasi tepeng biasa disajikan dengan daun pisang.


3. Entil

Warga umat Hindu di Desa Wongaya Gede, Tabanan Bali, ikut memeriahkan Hari Raya Nyepi dengan membuat makanan tradisional bernama Entil. Entil merupakan sejenis ketupat terbuat dari beras dan dibungkus daun, lalu diikat dengan bambu. Zaman dahulu, Entil kerap disajikan sebagai hidangan utama saat Tahun Baru Saka. Terlebih, saat Hari Nyepi tidak boleh menyalakan api.

4. Jaja Apem

Jaja Apem terbuat dari adonan fermentasi tepung beras yang dicampur dengan tape singkong dan air kelapa. Untuk bentuknya sendiri, jaja apem seperti halnya kue mangkuk yang sering ditemui di pasar. Dalam bahasa Lombok, jaja artinya kue. Ciri khas kue apem Bali ini adalah rasanya tidak begitu manis karena memang tidak pakai gula. Biar lebih nikmat, bisa tambahkan sedikit gula merah yang sudah dicairkan dan taburi bagian atasnya dengan kelapa muda parut. Makanan khas ini seringkali disajikan saat upacara keagamaan atau acara adat tertentu, termasuk ketika Hari Raya Nyepi tiba.

5. Pulung Nyepi

Jajanan khas Hari Raya Nyepi berikutnya adalah pulung Nyepi. Hidangan ini dibuat dari tepung beras dicampur tepung kanji. Campuran kedua tepung itu dikukus, diuleni, dibentuk, dan direbus hingga matang. Lalu, ditambahkan parutan kelapa muda di atasnya.

6. Cerorot

Kamu suka makan kue basah? Nah, di Hari Raya Nyepi ada satu jajanan kue basah yang wajib dicicipi yaitu cerorot. Hampir mirip dengan namanya, bentuk cerorot ini memanjang seperti kerucut karena dicetak dengan kulit ental. Bentuknya yang unik dan rasa manis yang khas, tak heran jika cerorot paling suka dinikmati oleh anak-anak.

7. Ketongkol

Mirip seperti cerorot, ketongkol sama-sama dibungkus. Bedanya, ketongkol dibungkus dengan daun pisang. Biasanya, ketongkol disantap bersamaan dengan sayur, lauk pauk, dan sambal matah khas Bali. Tapi, ketongkol tetap enak juga jika dimakan langsung tanpa campuran apa pun.

8. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan makanan sajian yang tak lupa dihidangkan ketika pelaksanaan ritual keagamaan tersebut. Selain saat Nyepi, ayam betutu yang diolah dengan cara dipanggang dalam api sekam ini menjadi masakan khas masyarakat Bali.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami