search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sajian Jajanan Pasar Bali yang Lezat dan Menggoda Selera 
Jumat, 14 Januari 2022, 16:00 WITA Follow
image

bbn/www.makanabis.com/Sajian Jajanan Pasar Bali yang Lezat dan Menggoda Selera 

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Bali punya berbagai macam sajian makanan yang khas dan lezat. Dari makanan yang berat hingga makanan ringan semuanya ada. Salah satunya adalah jajanan tradisional yang mudah ditemukan di pasar tradisional. Berikut sejumlah jajanan tradisonal bali yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana.
 
1. Pisang Rai

Pisang rai adalah jajanan khas bali yang sangat mudah dijumpai dimana – mana termasuk di pasar-pasar tradisional bali, rasanya nikmat dan harganya pun sangat pas dikantong.

Pisang yang digunakan adalah pisang tanduk, pisang raja, atau pisang ambon yang cukup tua, namun tidak terlalu matang sehingga tidak terlalu lembek sehingga rasanya cukup legit dan manisnya pas. Pisang yang telah dipotong-potong ini dibalut dengan adonan yang terdiri dari tepung beras, tepung tapioka, dan juga santan. Kalau tak ada pisang tanduk bisa juga digantikan dengan pisang kepok atau pisang raja yang masak di pohon.

2. Laklak

“Jaje” atau  kue Laklak ini sekilas mirip dengan kue serabi, Namun citarasanya tentu saja jauh berbeda. Anda bisa menemukan Jaje Laklak ini di pasar atau pedagang kue tradisional yang ada di Bali. Bahan untuk pembuatan jaje Laklak adalah tepung beras yang dicampur air dan pewarna alami seperti daun suji untuk warna hijau dan santan untuk yang putih. Kue ini disajikan dengan gula merah yang dicairkan dan taburan kelapa parut.

3. Sumping

Jaje Sumping, merupakan kue yang terbuat dari tepung beras berisi aneka isian didalamnya, sesuai dengan selera pembuat, lalu adonan nya dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk menyerupai bantal, kemudian dikukus. Isian didalamnya bisa berupa buah atau kacang kacangan, Misalnya sumping biu (pisang),  karena didalamnya ada tambahan pisangnya, sumping waluh (labu) terbuat dari waluh, sumping kuud (kelapa muda) Sumping kacang tanah, sumping kacang merah, dan banyak lagi lainnya.


 
4. Jaje injin

Jaje Injin, adalah kue tradisional Bali yang sangat sederhana dan gampang dibuat. Makan seporsi kue ini kita sudah tidak perlu mengkonsumsi nasi lagi, karena sangat mengenyangkan. Jaje injin terbuat dari ketan hitam yang dicampur sedikit ketan lalu ditanak biasa seperti menanak nasi. Setelah matang, sajikan dengan kelapa parut dan toping gula merah cair.
 
5. Orog – Orog

Orog-orog terbuat dari Singkong, gula merah dan ditaburi kelapa parut diatasnya. Kue satu ini bercita rasa gurih manis dan legit yang membuat penikmatnya ketagihan.


Pembuatan Orog-orog sendiri cukup mudah. Pada dasarnya Orog orog mirip seperti penganan Yogyakarta yang bernama Tiwul, namun dengan citarasa lebih manis. 

6. Kaliadrem

Di Bali kaliadrem merupakan kue tradisional sepanjang masa. Selain biasa dinikmati sehari-hari, kue ini biasanya banyak diserbu sebagai salah satu pelengkap sajian di upacara hari raya Galungan. 

Kaliadrem terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung beras, gula merah, kelapa, garam, dan air. Proses pembuatan kue ini terbilang masih sangat tradisional karena langsung dibuat dari beras yang langsung ditumbuk menjadi tepung. Setelah dicampur dengan bahan-bahan lain seperti gula merah, kelapa parut, air, dan garam barulan adonan diuleni hingga bertekstur halus dan lembut.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami