search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Pelebon Cokorda Pemecutan XI, Ogoh-ogoh akan Diarak
Selasa, 18 Januari 2022, 13:50 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Jelang Pelebon Cokorda Pemecutan XI, Ogoh-ogoh akan Diarak.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Mengarak ogoh-ogoh keliling Denpasar menjadi prosesi serangakaian Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI yang berlangsung 21 Januari 2022 mendatang. 

Pengarakan ogoh-ogoh secara ngider bhuana, atau berkeliling dilakukan pada Selasa (18/1/2022). Demikian dikatakan menantu almarhum Ida Cokorda Pemecutan XI, Ida Bagus Wesnawa yang diwawancarai Selasa pagi. Kata dia, tradisi ini menjadi bagian penting dan wajib dalam prosesi pelebon Raja Pemecutan.

Dia mengatakan, ogoh-ogoh berukuran raksasa berbentuk Cupak itu merupakan karya seniman Kedux yang dibuat khusus untuk Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI

"Ogoh-ogoh akan diarak ke Puri Pemecutan. Jadi nanti diarak dari Tainsiat, menuju Puri Pemecutan, diikuti pemuspan semeton dari Tainsiat. Pada 14.00 WITA akan dilakukan ngider buana atau pengarakan ogoh-ogoh," tuturnya.

Pengarakan dimulai dari Puri Pemecutan di Jalan Thamrin, Jalan Gajahmada, Jalan Udayana atau depan Markas Kodam IX/ Udayana menuju Jalan Hasanudin, kemudian kembali ke Puri Pemecutan. 

Dengan kata lain, prosesi ini akan melewati empat perempatan. Wesnawa mengatakan kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan didukung Desa Adat Denpasar, bersama aparat keamanan yang terdiri dari TNI dan Polri. 

"Kami berupaya selaras dengan dresta dan aturan pemerintah. Kegiatan ini tetap menaati tata titi yang berlaku," ujarnya. 

Kata dia, tradisi ini bertujuan mendoakan agar tahapan Pelebon berjalan lancar. Secara internal puri, prosesi ini diyakini bertujuan melapangkan jalan almarhum menuju alam Surga.

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami