search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Bali
Jumat, 21 Januari 2022, 13:35 WITA Follow
image

bbn/agoda.com/10 Tempat Wisata Terkenal dan Populer di Bali

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Bali merupakan destinasi wisata yang jadi incaran banyak orang. Ada berbagai pilihan wisata yang yang bisa dikunjungi dan terkenal serta populer tidak hanya di indonesia namun juga mancanegara. Berikut sejumlah destinasi wisata yang terkenal dan populer di Bali.

1. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan tempat ibadah umat Hindu yang terletak di atas sebuah batu karang besar. Untuk bisa melihat keindahan Pura Luhur Tanah Lot, kamu bisa berjalan kaki saat air sedang surut. Namun, saat air pasang, jalan tersebut akan tertutup air sehingga membuat Tanah Lot terlihat seperti sebuah pulau karang yang indah di tengah laut dari kejauhan.

Di atas “pulau karang” tersebut, berdiri dua pura yang berada di dua lokasi berbeda. Satu pura yang dikenal dengan Pura Luhur Tanah Lot terletak di atas bongkahan batu karang besar.

Pura ini dibangun untuk memuja Tuhan, yaitu Dewa Laut demi memohon keselamatan dan kesejahteraan dunia, serta keseimbangan antara laut dan bumi. Di sebelah baratnya, terdapat Pura Batu Bolong yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Pura ini digunakan umat Hindu untuk menggelar upacara Melasti atau upacara keagamaan lainnya.

2. Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

Pantai Kuta terkenal memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Selain keindahan pantai, wisata pantai Kuta juga menawarkan berbagai jenis hiburan seperti bar, restoran, pertokoan, restoran, hotel, dan toko-toko kelontong, serta pedagang kaki lima di sepanjang pantai menuju Pantai Legian.

3. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu terletak di ujung barat daya pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin. Pura ini pada mulanya digunakan menjadi tempat memuja seorang pendeta suci dari abad ke-11 bernama Empu Kuturan. Ia menurunkan ajaran Desa Adat dengan segala aturannya.

Pura ini juga dipakai untuk memuja pendeta suci berikutnya, yaitu Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali pada akhir tahun 1550 dan mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan Moksa atau Ngeluhur di tempat ini. Kata inilah yang menjadi asal nama Pura Luhur Uluwatu.

Lokasi pura terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Karena lokasi pura yang berada di atas tebing batu karang, maka pura ini di beri nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sanskerta berarti puncak batu karang.

4. Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan, Pura Ulun Danu Beratan atau Bratan Pura merupakan sebuah pura dan candi air besar di Bali, Indonesia - candi utama air lainnya menjadi Pura Ulun Danu Batur. Kompleks candi ini terletak di tepi barat laut Danau Bratan di pegunungan dekat Bedugul, Kabupaten Tabanan.

Candi air memenuhi seluruh wilayah di daerah aliran; di tepi hilir ada banyak candi kecil air yang spesifik untuk setiap asosiasi irigasi (subak). Candi ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan untuk dewi Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai. Danau Bratan merupakan salah satu danau penting dalam hal irigasi. Danau Bratan dikenal sebagai danau "gunung suci", kawasan ini sangat subur, terletak pada ketinggian 1.200 meter, dan beriklim sangat dingin.

5. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa, salah satu pantai pasir putih terkenal di Bali yang wajib di kunjungi jika anda liburan di pulau dewata. Pandawa beach terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung dan lebih terkenal di kalangan wisatawan mancanegara khususnya Australia dengan nama secret beach of Bali. Sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama pantai Kutuh.

Pantai Pandawa beralamat Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali 80361. Untuk memasuki kawasan pantai di desa Kutuh Bali, anda harus melewati sebuah jalan yang di apit oleh tebing batu yang terjal. Di tebing terjal ini terdapat patung dari Panca Pandawa dalam Kisah Mahabharata, karena itu di namakan Pantai Pandawa Kutuh Bali.

6. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana sebuah tempat monumental yang merupakan mega proyek yang dikembangkan sebagai taman budaya yang menampung berbagai kegiatan seni dan budaya lokal, berada pada sebuah bukit tandus dengan luas 240 hektar. Tempat wisata yang berada di wilayah Bali Selatan ini menjadi destinasi tour wajib bagi mereka yang liburan ke pulau Dewata Bali.

Garuda Wisnu Kencana atau disingkat dengan nama GWK, tempat ini menjadi salah satu tempat rekreasi dan objek wisata populer di kawasan Bali Selatan.

Itulah sebabnya setiap agen perjalanan hampir dipastikan mengemas paket tour di Bali dengan mengagendakan berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana – GWK Bali.

7. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang yang dikenal juga sebagai Pura Lempuyang Luhur atau Pura Penaratan Agung Lempuyang merupakan salah satu pura terbesar dan paling penting untuk umat Hindu beribadah di Pulau Bali.  

Pura ini menjadi viral sejak tahun lalu, lantaran gerbang pura yang menjulang tinggi menghadap langsung ke Gunung Agung. Di Instagram pura ini terkenal dengan taggar #gatesofheaven. Ada lebih dari 15.000 uanggahan foto yang menampilkan keindahan Pura Lempuyang ini. 

8. Nusa Penida

Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil yang berada sebelah tenggara pulau Bali, dan terpisah oleh selat Badung. Di dekat pulau ini, terdapat 2 pulau kecil lain, yaitu pulau Nusa Lembongan dan pulau Nusa Ceningan. Ketiga pulau kecil yang ada di bagian tenggara pulau Bali, memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri dan ada perbedaan satu sama lain. Ketiga pulau masuk dalam wilayah pemerintahan kabupaten Klungkung, provinsi Bali.

Arti kata Nusa Penida berasal dari bahasa Bali, Nusa artinya pulau dan Penida berasal dari dua kata, Ped dan Ida. Ped berarti kematian serta Ida berarti kekuasaan. Maka Nusa Penida dapat berarti pulau yang memiliki kekuasaan besar yang mematikan.

Pulau Nusa Penida adalah pulau terbesar dari ketiga pulau dan masyarakat lokal sering menyebut dengan nama Nusa Gede. Gede artinya besar. Sedangkan Nusa Ceningan adalah pulau terkecil dari ketiga pulau. Khusus untuk Nusa Lembongan, pulau yang paling terkenal bagi wisatawan, terutama wisatawan Australia.

9. Kebun Raya Bedugul

Salah satu tempat wisata di Bedugul yang harus anda kunjungi adalah Kebun Raya Bali. Terkadang objek wisata Kebun Raya Bali, karena lokasinya berada di Bedugul, maka sering di sebut dengan nama Kebun Raya Bedugul atau Kebun Raya Eka Karya Tabanan.

Bedugul Kebun Raya, salah satu hutan lindung di Bali, berfungsi sebagai paru – paru udara. Tempat wisata Kebun Raya Bedugul, udaranya sangat sejuk dan sangat cocok untuk tempat piknik keluarga.

Kebun Raya Bedugul, memiliki luas 157.5 hektar dan yang terluas di Indonesia. Bedugul Kebun Raya, terletak pada ketinggian 1.240 meter dari permukaan laut, karena lokasinya berada di dataran tinggi membuat obyek wisata Kebun Raya Bali di Bedugul Tabanan selalu berhawa dingin dan berkabut.

10. Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud merupakan paket wisata yang terbilang unik di kawasan Bali. Seperti namanya, di hutan yang sakral dan memiliki pura ini, terdapat ratusan kera. Setiap hari, kera yang dikeramatkan dan dijaga oleh penduduk lokal ini turun ke tanah dan berinteraksi dengan wisatawan yang datang.

Pesona yang diberikan oleh Monkey Forest Ubud tidak hanya itu saja, banyak hal menarik yang akan membuat paket liburan ke sini berjalan dengan sempurna.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami