search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mengenali Gejala Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya
Rabu, 23 Maret 2022, 14:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Mengenali Gejala Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Naiknya asam lambung sebenarnya bisa dikenal lewat beberapa gejala dan indikasi. Dengan mengetahui gejala ini, Anda bisa lekas memberikan pertolongan pertama dan penanganan cepat, sehingga efeknya tidak terlalu berat. Gejala asam lambung naik dan cara mengatasinya bisa Anda lihat di bagian selanjutnya.

Serangan asam lambung yang mendadak naik bisa mengganggu aktivitas yang Anda lakukan. Rasa tak nyaman hingga nyeri di perut bagian atas ini akan jadi masalah, ketika Anda harus melakukan kegiatan atau menyelesaikan pekerjaan.

Maka dari itu, mari mengenali gejala awal ‘serangan’ ini, agar dapat segera dicegah efek buruknya.

Gejala Asam Lambung Naik

Gejala paling sering muncul dan mudah dikenali sebenarnya rasa nyeri pada ulu hati atau perut bagian atas. Kemudian hal ini juga disertai dengan sensasi terbakar dari dada hingga ke tenggorokan, serta adanya rasa mual hingga ingin muntah.

Beberapa gejala lain, yang lebih spesifik adalah sebagai berikut.

  • Perasaan gelisah, berkeringat, serta sesak dan peningkatan detak jantung.
  • Muntah darah (jika kondisi sudah sangat parah).
  • Perut mengalami kram.
  • Rasa begah dan kembung karena penumpukan gas.
  • Hilangnya selera makan.
  • Mual dan muntah terus menerus selama 1 atau 2 hari.

Ketika tanda di atas sudah muncul, maka bisa menjadi indikasi Anda akan mengalami serangan asam lambung yang naik dan menyebabkan berbagai keluhan yang tidak nyaman.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Atasi Naiknya Asam Lambung

Pada banyak kondisi saat Anda sudah merasakan gejala di atas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi lebih parah terjadi.

1. Segera Makan, Porsi Kecil

Terlambat makan juga bisa menjadi salah satu penyebab dari naiknya asam lambung. Maka dari itu, ketika gejalanya sudah terasa, Anda bisa segera makan, namun dalam porsi kecil.

 

Penderita gangguan asam lambung juga direkomendasikan untuk makan dalam porsi kecil, namun frekuensi yang lebih banyak.

2. Tarik Napas Dalam-Dalam

Cara sederhana ini bisa membantu memberikan kekuatan untuk otot bagian bawah tenggorokan, yang menjadi gerbang masuknya makanan. Dengan begini, asam lambung yang akan naik bisa sedikit ditunda, sambil melakukan langkah pencegahan dan penanganan lainnya.

3. Mengunyah Permen Karet

Terdengar agak aneh memang, tapi nyatanya mengunyah permen karet bisa membantu Anda mengurangi dampak buruk dari asam lambung. Ketika mengunyah permen karet, tubuh akan secara otomatis terangsang untuk melepaskan air liur lebih banyak, dan bisa membantu menetralisir asam yang ada di bagian lambung.

4. Obat yang Direkomendasikan Dokter

Cara lain adalah dengan mengkonsumsi obat yang telah direkomendasikan dokter. Obat ini diberikan setelah observasi mendalam dan cermat, sehingga diketahui dengan baik apa yang jadi penyebab naiknya asam lambung.

Gejala asam lambung naik dan cara mengatasinya di atas semoga bisa jadi pengetahuan berguna. Tentu, untuk memastikan kesesuaiannya dengan kondisi Anda, sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi ke dokter kepercayaan Anda.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami