search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Pura Indah dan Sakral di Bali yang Instagramable
Selasa, 26 April 2022, 15:35 WITA Follow
image

bbn/Kompas.com/5 Pura Indah dan Sakral di Bali yang Instagramable

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Bali memang merupakan tujuan destinasi wisata yang paling menarik untuk dikunjungi, selain pantai keindahan warisan budaya juga patut untuk dikunjungi. Salah satu warisan budaya Bali yang patut untuk dikunjungi yaitu wisata pura di Bali.

Mayoritas penduduk Bali adalah beragama Hindu yang terbesar di Indonesia, tempat beribadah umat Hindu adalah pura. Jika kamu merupakan pecinta arsitektur bangunan seperti candi, maka wisata pura menjadi destinasi yang wajib untuk dikunjungi.

Berikut 5 pura indah dan sakral yang juga Instagramable bisa jadi referensi jalan-jalan, diantaranya:

1. Pura Agung Besakih

Salah satu pura terbesar dan megah yang ada di Indonesia khususnya bagi umat beragama Hindu, berlokasi dekat dengan Gunung Agung. Pura Besakih terdiri dari 20 kompleks secara keseluruhan, sedangkan empat diantaranya disebut dengan Pura Catur Dala atau Catur Loka Para diantara Pura Gelap, Pura Batu Madeg, Pura ulun Kulkul dan Pura Kiduling Kreteg. 

Pura Penataran Agung Besakih berada di tengah-tengah yangmana terdiri dari tujuh lapisan alam. Fakta unik dari wisata pura di Bali ini yaitu dibangun oleh Rsi Markandeya yaitu seorang yang berasal dari India dan telah lama menetap di pulau Jawa. Kemegahan bangunan pura ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, jangan lupa untuk mengabadikan momen serumu di sini, ya, sobat.

2. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu mempunyai pesona yang indah dengan lokasi 97meter di atas tebing dan posisi yang menjorok ke laut, menghadirkan pemandangan yang indah untuk menyegarkan pikiran. 

Selain mengunjungi indahnya pesona Pura Uluwatu, bagi pecinta sunset juga bisa menikmatinya di sini, selain itu lokasi ini seringkali digunakan untuk pertunjukkan Tari Kecak. Lokasi pura yang berada di atas tebing dan berdekatan dengan pantai ombak besar, sobat juga bisa melihat pemandangan peselancar mancanegara yang sedang menaklukan ombak.

3. Pura Gelap Besakih

Pura Gelap Besakih mempunyai letak lokasi yang tidak jauh dari Pura Agung Besakih. Mungkin sebagian dari kita baru mendengar Pura Gelap Besakih ini karena tidak sepopuler Pura Agung Besakih. 

Pura bernama Gelap Besakih tidak berarti gelap tanpa adanya cahaya, namun candi ini sebagai tempat pemujaan dewa sinar yaitu Hyang Iswara sehingga dinamakan Pura Gelap (petir atau kilat yang membuat silau).

Pura ini penuh dengan cahaya dan dipercaya sebagai tempat meditasi yang ideal bagi mereka yang ingin mengembalikan bhuwana alit (sinar suci dalam dirinya). Bagi sobat yang ingin melakukan meditasi dengan lokasi ideal, maka destinasi wisata pura di Bali yaitu Pura Gelap adalah pilihan yang tepat selain sebagai tujuan wisata pura di Bali.

4. Pura Ulu Danu Beratan

Pura Ulu Danu Beratan merupakan sebuah candi air yang mana berada di tepi Danau Beratan (gunung suci) di area yang sangat subur dengan ketinggian 1.200mdpl. 

Lokasinya berada di tengah dataran tinggi Bedugul, pura ini begitu sangat berarti karena mempunyai peran yang vital untuk kehidupan masyarakat sekitar dengan sejarahnya yang panjang. 

Tentunya pemandangan yang indah dengan dikelilingi air menjadi pilihan destinasi tepat untuk menenagkan pikiran dan liburan bersama keluarga.

5. Pura Taman Ayun Mengwi

Salah satu wisata pura di Bali yang mendunia yaitu Pura Taman Ayun Mengwi. Pura ini telah masuk dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO pada 2012. Hal ini dikarenakan pura ini mempunyai historical value yang tinggi dengan goresan arsitektur pura berpadu satu dengan unsur magis yang dimilikinya.

Fakta menarik dari pura ini yaitu sebagai sumber irigasi, kolam puranya digunakan sebagai waduk untuk mengairi sawah khususnya para petani irigasi subak di Selatan Pura Taman Ayun Mengwi.

Pemandangan di pura ini sangatlah indah, penataan yang rapi, bangunan yang membentang luas diiringi oleh rerumputan hijau yang mempesona membuat pura ini begitu indah.

Itulah 5 wisata pura di Bali yang wajib sobat kunjungi jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen indahmu. Selain indah dan beritabali.com/tag/instagramable">instagramable pura ini juga mempunyai nilai sejarah yang tinggi. (Sumber: Yoursay.Suara.Com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami