search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
4 Manfaat Kombucha Untuk Tubuh
Selasa, 2 Agustus 2022, 09:11 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/4 Manfaat Kombucha Untuk Tubuh

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Popularitas teh kombucha belakangan ini mengalami peningkatan drastis. Selain karena berbagai tren di media sosial, hal ini diduga juga berkat manfaat nyata yang diberikan kombucha pada tubuh saat dikonsumsi rutin. Penasaran apa saja manfaat kombucha untuk tubuh? Simak selengkapnya di sini!

Kandungan utama dalam teh kombucha ini sendiri adalah probiotik, sebab berasal dari fermentasi menggunakan bakteri dan ragi khusus. Namun demikian, manfaat yang diberikan sebenarnya cukup beragam, seperti yang dijelaskan dalam poin singkat berikut ini.

1. Jelas, untuk Saluran Pencernaan

Karena kandungan probiotik yang dimilikinya, maka konsumsi kombucha dapat menyehatkan saluran pencernaan. Ketika dikonsumsi secara rutin kombucha juga akan membantu mengurangi risiko sembelit, perut kembung, radang di bagian usus, hingga bahkan sindrom iritasi usus.

Cukup banyak dan masif bukan manfaatnya? Ketika pencernaan sehat, maka penyerapan nutrisi yang terjadi juga akan optimal dan mendukung kesehatan tubuh secara umum.

2. Membantu Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Masih berupa klaim, namun hal ini didasarkan pada adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kombucha. Antioksidan di dalam minuman ini bisa membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat berbahaya lain yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Hal ini diperkuat dengan riset yang disampaikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry (katadata.com) yang menyebutkan adanya kandungan polifenol, asam glukonat, asam laktat, hingga vitamin C.

3. Mengurangi Peradangan

Peradangan di dalam tubuh yang tidak diatasi dapat memicu berbagai penyakit serius. Ini mengapa, mengatasi peradangan yang terjadi dengan cepat dapat menghindarkan seseorang dari risiko penyakit berat.

Keberadaan polifenol di dalamnya, yang termasuk salah satu jenis antioksidan, dapat membantu tubuh mengatasi peradangan yang terjadi.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Organ hati perlu senantiasa dijaga kesehatannya, karena memiliki peran krusial di dalam metabolisme tubuh. Kombucha, dalam hal ini dapat membantu merawat kesehatan hati karena teh ini juga memiliki epran detoksifikasi tubuh secara umum.

Dengan konsumsi rutin, hati akan menjadi lebih sehat sehingga bisa bekerja dengan baik menjalankan fungsinya.(sumber: suara.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami