search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Profil Abah Lala, Sosok di Balik Lagu 'Ojo Dibandingke'
Sabtu, 20 Agustus 2022, 17:04 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Profil Abah Lala, Sosok di Balik Lagu 'Ojo Dibandingke'

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Lagu Ojo Dibandingke menjadi viral dan hangat diperbincangkan di dunia maya setelah dinyanyikan oleh Farel Prayoga di Istana Merdeka saat Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, pada Ragu (17/8/2022).

Namun siapa sangka, di balik lagu Ojo Dibandingke yang dinyanyikan oleh Farel Prayoga, ada sosok yang merasa terharu dan bangga karena lagunya berhasil dinyanyikan d ihadapan Presiden Jokowi secara langsung.

Dia adalah Abah Lala, pencipta lagu Ojo Dibandingke yang lagunya dinyanyikan Farel Prayoga, bahkan banyak didengar oleh banyak orang dan viral di media sosial.

Siapakah Abah Lala? Bagaimana sepak terjang di dunia musik? Simak informasi berikut ini.

Profil Abah Lala

Pemilik nama lengkap Agus Purwanto ini lahir di Boyolali pada 24 Oktober 1986. Nama Lala ia peroleh secara tidak sengaja dari karakter film Teletubbies, yakni Lala. 

Sebelum terjun menjadi musisi, pria yang disapa Abah Lala ini merupakan seorang pekerja migran yang bekerja mencari nafkah di negeri orang.

Ia juga pernah berprofesi sebagai petani di ladang. Namun siapa sangka jika saat ini diirnya menjadi terkenal berkat lagu Ojo Dibandingke yang diciptakannya.

Karier di dunia musik

Pada 2009, Abah Lala sudah mulai menggeluti dunia seni. Awalnya ia adalah seorang seniman Gedruk, yaitu tarian tradisional khas Boyolali. Kemudian ia melebarkan kariernya, menjadi seorang penyanyi kelompok Gedruk SOLEHA. Selain menjadi penyanyi, Abah Lala juga ditunjuk menjadi ketua SOLEHA. 

Di bawah kepemimpinannya, kelompok Gedruk SOLEHA berhasil tampil di luar negeri untuk mengenalkan tarian kampung khas daerah tersebut. Tak lama, Abah Lala mendirikan sebuah Orkes Melayu yang bernama MG 86 yang beranggotakan para mantan TKI dan petani ladang

Pada 2018, Abah Lala menciptakan jargon yang sering dijadikan jargon para penyanyi dangdut yaitu jargon Cendol Dawet. Usut punya usut, Cendol Dawet adalah sebuah makanan kesukaan Abah Lala. Ia mengaku menyantap cendol dawet setiap pagi yang ia beli dari tukang sayur. 

Semakin terkenal lagunya dinyanyikan Farel Prayoga

Abah Lala kembali jadi terkenal usai lagu ciptaannya Ojo Dibandingke dinyanyikan oleh Farel Prayoga di Istana Merdeka dan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo dan para menterinya.

Abah Lala merasa bangga dan terharu saat melihat penampilan Farel membawakan lagunya. Kini namanya makin bersinar berkat karyanya yang telah diakui dan didengar di seluruh penjuru tanah air.

Tak hanya itu, kini lagu Ojo Dibandingke juga makin popular, dimana lagu tersebut banyak didengarkan orang di berbagai daerah.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami