search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
41 Sulinggih Terlibat Saat Puncak Karya IBTK di Pura Agung Besakih
Rabu, 5 April 2023, 19:57 WITA Follow
image

beritabali/ist/41 Sulinggih Terlibat Saat Puncak Karya IBTK di Pura Agung Besakih.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Sebanyak 10 Ida Sulinggih beserta Ida Tapini mepuja dalam upacara Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem yang dipusatkan di Pura Penataran Agung Besakih, pada Rabu (5/4/2023). 

Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha mengatakan, prosesi Puncak Karya IBTK di Pura Agung Besakih sudah dimulai sejak pagi hari. Ida Sulinggih mulai mepuja sekitar pukul 09.00 WITA juga dihadiri oleh Ida Dalem Semara Putra. 

"Dalam prosesi di Pura Penataran, di Bale Gajah ada enam sulinggih mepuja dan Ida Dalem Semara Putra Nodia. Ida Wiku Tapini ada dua," kata Mangku Widiarta kepada awak media. 

Sementara itu, Pemucuk Pemangku Pura Agug Besakih, I Gusti Mangku Jana mengatakan, puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih berjalan dengan lancar. 

Total dalam puncak Karya IBTK tahun 2023 ini, secara keseluruhan melibatkan sekitar 41 Ida Sulinggih untuk prosesi muput upacara di seluruh areal kompleks Pura yang ada di kawasan Pura Agung Besakih.

"Sampun memargi antar sidha karya, untuk Ida Sulinggih yang muput secara keseluruhannya ada 41 sulinggih sampai pekideh," kata Mangku Jana.

Setelah Puncak Karya IBTK ini, Ida Bahatara akan nyejer hingga 26 April 2023 mendatang yang dikuti dengan bhakti penganyar dari seluruh Kabupaten, Kota di Provinsi Bali sesaui dengan jadwal yang telah ditentukan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami