search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bikin Kaget, Pria Ini Jadi Orang Paling Kaya di Indonesia
Kamis, 1 Juni 2023, 18:29 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Bikin Kaget, Pria Ini Jadi Orang Paling Kaya di Indonesia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Keluarga Hartono kini kembali menyandang orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan total mencapai US$ 47,7 miliar. Melansir dari Forbes Real Time Billionaires, Kamis (1/6), Hartono bersaudara, yaitu Robert Budi Hartono dan Michael Hartono menggeser posisi bos Low Tuck Kwong yang kekayaannya sempat meroket karena bisnis batubaranya.

Orang terkaya selanjutnya, disusul oleh Low Tuck Kowng sebagai orang terkaya ketiga di Tanah Air dengan nilai kekayaan mencapai US$ 12,1 miliar.

Urutan ke-empat, ada Keluarga Widjaja dengan harta kekayaan US$ 10,8 miliar. Keluarga Widjaja mewarisi kerajaan bisnis Eka Tjipta Widjaja, yang meninggal pada Januari 2019 di usia 98 tahun.

Seorang imigran Tionghoa ke Indonesia, Eka Tjipta Widjaja mulai menjual biskuit saat remaja.

Saat ini Sinar Mas mereka memiliki minat di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, kesehatan, agribisnis dan telekomunikasi.

Empat putra tertua Widjaja mengawasi kerajaan yang dibangunnya, sementara yang lain membangun bisnis sendiri.

Sri Prakash Lohia miliar menduduki urutan ke-lima dengan harta kekayaan sebesar US$ 7,8 miliar.

Disusul oleh Anthony Salim yanb memiliki harta kekayaan US$ 7,5 miliar. Anthoni Salim memimpin Grup Salim, dengan investasi di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi.

Salim adalah CEO dari Indofood senilai US$ 6,4 miliar (pendapatan), salah satu pembuat mi instan terbesar di dunia. Keluarga Salim memiliki saham perusahaan investasi First Pacific yang terdaftar di Hong Kong, yang memiliki kepentingan di Indofood dan perusahaan telekomunikasi PLDT Filipina.

Anthoni adalah anak bungsu dari tiga bersaudara mendiang Liem Sioe Liong, seorang taipan yang selama puluhan tahun sangat dekat dengan Presiden Soeharto. Pada tahun 2022, Salim memimpin sebuah konsorsium yang menginvestasikan US$ 1,6 miliar di perusahaan tambang batu bara Indonesia, Bumi Resources.

Selanjutnya, pemilik CT Corp, Chairul Tanjung menduduki posisi orang terkaya urutan ke-tujuh dengan kekayaan US$ 5,2 miliar. Kekayaan Chairul Tanjung menyalip kekayaan Prajogo Pangestu.

Saat ini, Prajogo Pangestu ada di urutan ke-delapan sebagai orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan sebesar US$ 5,1 miliar.

Selanjutnya, disusul oleh Boenjamin Setiawan yang memiliki harga kekayaan US$ 4,8 miliar. Ia memiliki gelar doktor di bidang farmakologi, mendirikan Kalbe Farma di sebuah garasi pada tahun 1966 bersama lima saudara kandungnya. Dia meninggal pada April 2023 pada usia 89 tahun. Kalbe Farma kini menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia.

Pada urutan terakhir, ada Tahir dan Keluarga yang memiliki harta kekayaan US$ 4,2 miliar dengam bisnis Mayapada Group.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami