search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
De Gadjah Dorong Lulusan Sekolah Non Formal Diterima di Perguruan Tinggi
Jumat, 9 Juni 2023, 22:56 WITA Follow
image

beritabali/ist/De Gadjah Dorong Lulusan Sekolah Non Formal Diterima di Perguruan Tinggi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar Made Muliawan Arya alias De Gadjah akan mendorong pemerintah, pengusaha, universitas agar mendukung keberadaan sekolah non formal dan berupaya agar lulusannya bisa diterima di perguruan tinggi.

Hal ini merupakan komitmennya sebagai pelayan masyarakat dan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara pelepasan peserta didik Paket C (setara SMA), Paket B (setara SMP) dan Paket A (setara SD) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Niti Mandala Club Tahun Ajaran 2022/2023 di Gedung Aula ITB Stikom Renon Denpasar, Jumat (9/6/2023).

"Setelah 2024, kami cari jalan agar lulusan kejar paket C ini bisa melanjutkan perguruan tinggi. Dengan relasi, kami akan bicara dengan rektor, pemilik universitas. Kalau tidak kami akan mengambil satu atau dua anak angkat yang bisa disekolahkan," ungkap Ketua DPD Gerindra Bali ini.

Ia mengakui sektor pendidikan non formal ini memiliki peran besar dalam membantu anak asuhnya yang tergabung dalam atlet tinju Bali bahkan juga warga binaan Lapas Perempuan Kerobokan. 

Terlebih dengan diatur dalam undang-undang, sekolah non formal memiliki kesetaraan yang sama dengan formal sehingga dinilai sangat membantu mereka yang tidak mendapat kesempatan di pendidikan formal. Maka itu, tidak berlebihan jika lulusan non formal juga mendapatkan peluang yang sama untuk masuk perguruan tinggi.

"Dunia pendidikan non formal ini banyak membantu kami khususnya bagi adik-adik kami di tinju dan yang kerja pada kami untuk menyekolahkan mereka agar mereka mempunyai bekal di kemudian hari. Sebelumnya kami sekolahkan di Negara, sekarang ada di Denpasar kenapa tidak. Jadi banyak membantu. Kami sebagai pelayan masyarakat mencoba mensupport menyerap aspirasinya entah apa yang bisa kami lakukan nantinya mencari bantuan darimana," papar Ketua Pertina Bali ini.

Sementara, Direktur PKBM Niti Mandala Club, Helena Hale, Sp.d mengatakan dalam acara pelepasan ini pihaknya melepas sebanyak 120 siswa dari paket A,B,C dimana sebanyak 22 merupakan warga binaan Lapas Perempuan Kerobokan. 

Ia mengapresiasi kehadiran tokoh seperti Made Muliawan Arya karena di tengah kesibukannya masih bisa hadir di acara pelepasan. Bahkan, sebagai bentuk kepeduliannya, De Gadjah bersedia menjadi narasumber di kelas motivasi. Diketahui 6 atlet tinju Bali ikut dalam PKBM Niti Mandala Club.

Editor: Robby

Reporter: Gerindra Bali



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami