search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lima Manfaat Donor Darah, Bisa Bantu Manajemen Berat Badan
Rabu, 14 Juni 2023, 10:58 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Lima Manfaat Donor Darah, Bisa Bantu Manajemen Berat Badan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tak hanya memberikan manfaat buat penerima donor, donor darah juga membawa manfaat buat pendonor. Apa saja manfaat donor darah?

Hari ini merupakan peringatan Hari Donor Darah Sedunia. Masyarakat diingatkan mengenai pentingnya donor darah untuk menyelamatkan hidup orang banyak. Darah sangat penting buat mereka yang mengalami pendarahan, penyakit yang berkaitan dengan darah, juga pasien yang sedang operasi.

Kemudian meski 'kehilangan' darah, pendonor tetap mendapatkan manfaat terutama dalam hal kesehatan tubuh.

Manfaat donor darah

1. Cek kesehatan gratis

Sebelum donor darah, Anda wajib menjalani pemeriksaan fisik sederhana dan tes darah. Walau bukan tes mendalam, pemeriksaan ini bisa membantu Anda mengidentifikasi masalah kesehatan seperti anemia dan tekanan darah tinggi atau rendah.

Seperti dilansir dari Medical News Today, rangkaian pemeriksaan akan meliputi:

- Tekanan darah
- Suhu tubuh
- Detak jantung
- Kadar hemoglobin (Hb) atau zat besi

Saat ditemukan masalah, Anda tidak dapat menyumbangkan darah. Namun hasil ini dapat jadi rujukan untuk penanganan berikutnya.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Donor darah bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kenapa bisa demikian?

"Jika darah memiliki kekentalan atau hambatan tinggi untuk mengalir, darah akan mengalir seperti tetes tebu," ujar Phillip DeChristopher, direktur bank darah Loyola University Health System, seperti dilaporkan Health.

Akan tetapi, jika mendonorkan darah, kekentalannya berkurang sehingga aliran darah lebih lancar.

3. Menurunkan tekanan darah

Beberapa riset membuktikan manfaat donor darah salah satunya menurunkan tekanan darah.

Pada 2015, peneliti memonitor tekanan darah 292 orang yang donor darah 1-4 kali dalam setahun lebih. Setengah dari mereka punya tekanan darah tinggi. Setelah diteliti, tekanan darah mereka lebih baik seiring frekuensi donor darah meningkat.

4. Kesehatan mental lebih baik

Donor darah perlu disertai kesadaran bahwa tiap ml darah yang disumbangkan akan besar manfaatnya buat orang banyak. Seperti dilansir dari Healthline, donor darah akan bermanfaat untuk kesejahteraan mental seseorang.

Donor darah bermanfaat untuk mengurangi stres, menghilangkan perasaan negatif, perasaan baik sebab membawa manfaat buat komunitas juga meningkatkan kesejahteraan emosional.

5. Manajemen berat badan

Donor darah diyakini dapat membantu menurunkan berat badan. Namun belum ada penelitian yang mengamini pernyataan ini.

Umumnya donor darah diawali dengan pemeriksaan kesehatan termasuk cek berat badan. Donor darah secara teratur juga merupakan langkah nyata pemantauan berat badan.

Cek berat badan membantu orang mengidentifikasi kelebihan berat badan (overweight), kurang berat badan (underweight) atau obesitas.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami