search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pertolongan Pertama Untuk Orang Pingsan
Rabu, 14 Juni 2023, 11:06 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Pertolongan Pertama Untuk Orang Pingsan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ada beragam penyebab orang pingsan atau tidak sadarkan diri. Simak pertolongan pertama untuk orang pingsan yang tepat agar tidak salah langkah.

Tidak sadarkan diri atau pingsan dapat diartikan sebagai kondisi seseorang tidak dapat merespons dan tidak sadar akan lingkungannya. Sangat penting untuk segera mengontak unit gawat darurat atau tim medis sebab Anda tidak tahu penyebab dia pingsan.

Akan tetapi, ada beberapa pertolongan pertama pada orang pingsan yang bisa dilakukan sembari menunggu bantuan medis.

Berikut pertolongan pertama untuk orang pingsan

1. Pindahkan ke tempat yang aman

Upayakan untuk memindahkan orang yang pingsan ke tempat yang lebih aman. Jika pingsan akibat cuaca panas selama upacara bendera, misal, sebaiknya dipindahkan ke tempat yang lebih teduh.

Sementara jika pingsan di tempat yang ramai, pindahkan ke lokasi yang lebih tenang dan jauh dari kerumunan.

2. Posisikan terlentang

Orang yang pingsan dianjurkan untuk dibaringkan atau diposisikan terlentang. Mengutip dari Halodoc, kaki diposisikan lebih tinggi 30 cm dari dada.

Happy Indah Kusumawati dari Departemen Keperawatan Dasar dan Emergensi FKKMK UGM mengatakan pingsan terjadi ketika aliran darah ke otak melambat secara mendadak sehingga pasokan oksigen kurang. Menaikkan kaki akan meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Longgarkan pakaian dan aksesori

Pertolongan pertama untuk orang pingsan yang bisa dilakukan adalah melonggarkan pakaian dan aksesori. Orang yang pingsan mengenakan jaket yang cukup ketat, misal, bisa dibuka kancing atau resletingnya. Langkah ini akan memudahkan pernapasan.

4. Coba dibangunkan

Jangan bayangkan seperti Anda membangunkan pasangan atau adik yang sedang tidur. Happy menyarankan untuk membangunkan orang yang pingsan dengan cara yang aman.

"Biasanya kalau pasien pingsan, itu masih ada refleks sadar, tapi kita bisa membangunkannya. Cara membangunkannya adalah cek respons dengan menepuk. Ketika pasiennya merespons, itu artinya aman," kata Happy seperti dikutip dari laman UGM.

5. Berikan minuman manis

Saat orang yang pingsan sudah sadar, dia bisa diberikan semacam aroma terapi atau aroma yang dinilai cukup kuat. Pasien pun bisa diberikan minuman hangat yang manis.

Minuman manis akan meningkatkan gula darah dan mengembalikan energi tubuh.

Pertolongan pertama untuk orang pingsan ini bisa dipraktikkan kapan pun sembari menunggu pertolongan medis. Pertolongan medis sangat diperlukan terlebih jika Anda melihat napasnya lemah, begitu pula dengan denyut nadinya.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami