search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Enam Cara Alami Sembuhkan Sariawan Tanpa Obat, Mudah dan Efektif
Senin, 14 Agustus 2023, 14:58 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Enam Cara Alami Sembuhkan Sariawan Tanpa Obat, Mudah dan Efektif

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Sariawan seringkali membuat penderitanya sulit makan dan minum. Kondisi ini terkadang juga membuat penderitanya malas untuk berbicara, karena rasa tidak nyaman dari sariawan.

Saat keadaan mendesak dan belum menemukan obat sariawan, Anda dapat menggunakan obat sariawan alami. Mengobati sariawan secara efektif dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Ada berbagai pengobatan rumahan dan perawatan tanpa obat untuk sariawan. Berikut cara mengatasi sariawan tanpa obat melansir Very Well Health.

1. Kumur air garam dan soda kue

Saline (air garam) dan sodium bikarbonat (soda kue) dapat membantu menyembuhkan sariawan lebih cepat dengan mengurangi kadar asam di mulut Anda.

Larutan ini membantu membasmi bakteri yang bisa memperparah kondisi sariawan. Kumur dengan air garam juga dapat meningkatkan kesehatan gusi.

2. Larutan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah antiseptik yang dapat membantu menjaga luka Anda bebas dari bakteri, yang akan membantu penyembuhannya.

Untuk membuatnya, Anda bisa mencampurkan satu bagian hidrogen peroksida dengan satu bagian air. Oleskan larutan tersebut pada sariawan Anda dengan kapas.

3. Madu

Beberapa studi menemukan madu bisa digunakan sebagai media pengobatan buat sariawan. Sangat disarankan menggunakan madu mentah atau madu alami hutan yang belum mengalami proses apapun.

Oleskan madu ke bagian sariawan beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi ukuran sariawan dan kemerahan.

4. Chamomile

Chamomile bisa membantu menyembuhkan sariawan, karena mengandung komponen antiinflamasi dan antiseptik sehingga membantu penyembuhan sariawan

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya dalam tubuh. Minyak ini bisa membantu mengatasi sariawan yang disebabkan infeksi bakteri dan mencegahnya menyebar atau makin besar.

Dengan minyak ini pula, inflamasi bisa berkurang sehingga menurunkan rasa sakit dan kemerahan.

Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada sariawan dan diulang beberapa kali hingga sariawan pulih.

6. Cuka Apel atau apple vinegar

Bahan pokok rumah tangga antibakteri lainnya adalah cuka sari apel. Anda dapat menggunakannya dengan kumur-kumur untuk membantu menyembuhkan sariawan Anda.

Caranya campurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam secangkir air. Kumur larutan di sekitar mulut Anda selama satu menit. Kemudian buang dan bilas mulut Anda sampai bersih.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami