search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Unggul di NU, Anies Muhammadiyah
Rabu, 20 September 2023, 00:35 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Unggul di NU, Anies Muhammadiyah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Hasil survei LSI Denny JA menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto di kalangan Nahdlatul Ulama (NU) lebih tinggi dibanding Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Berdasarkan hasil survei yang sama, Anies unggul di kalangan Muhammadiyah.

"Warga NU yang pilih Pak Prabowo 36,2 persen, Ganjar 35,5 persen, dan Anies 17,9 persen. Pak Prabowo unggul tipis hanya selisih sekitar 0,7 persen saja," ujar Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa dalam konferensi pers, Selasa (19/9).

Dari tingkat kesukaan, Prabowo juga unggul di kalangan NU dibanding dua pesaingnya. Tingkat kesukaan terhadap Prabowo mencapai 79,4 persen, Ganjar 79,2 persen dan Anies 72,6 persen.

Di kalangan Muhammadiyah, elektabilitas Anies unggul dibanding dua bakal calon presiden lainnya. Prabowo yang paling kecil.

"Paling besar Pak Anies 45,2 persen lebih unggul dibandingkan Pak Prabowo 20,8 persen dan Pak Ganjar 33 persen," tuturnya.

Namun, dari tingkat kesukaan di kalangan Muhammadiyah, Prabowo yang tertinggi yakni 65,0 persen, sementara Ganjar dan Anies 62,2 persen.

Survei ini dilakukan pada 1-8 Agustus 2023 menggunakan metodologi sampling multi-stage random samping dengan 1.200 responden dan teknik wawancara tatap muka dengan kuesioner sebagai pengumpulan data.

Sebelumnya, Litbang Kompas juga juga mencatat elektabilitas capres dari para pemilih di kalangan Nahdlatul Ulama (NU) pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2023.

Hasilnya, Ganjar elektabilitas 25,6 persen bersaing ketat dengan Prabowo 25 persen, sementara Anies hanya 12,8 persen berdasarkan pilihan kalangan NU di tingkat nasional.

Jika diukur dengan pemilih kalangan NU di wilayah Jawa Timur saja, Ganjar tetap unggul dengan elektabilitas 37,1 persen. Setelah itu disusul Prabowo Subianto 20,8 persen, sedangkan Anies Baswedan hanya 7,5 persen.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami