search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
4.000 Personel Polda Bali Dikerahkan untuk Pengamanan KTT AIS
Selasa, 3 Oktober 2023, 10:10 WITA Follow
image

beritabali/ist/4.000 Personel Polda Bali Dikerahkan untuk Pengamanan KTT AIS.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Kepolisian Daerah (Polda) Bali akan mengerahkan 4.000 personel untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island State/AIS) Forum yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Badung, Bali pada 10-11 Oktober 2023. 

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali, Inspektur Jenderal Polisi Ida Bagus Kade Putra Narendra, mengatakan Polda Bali akan bekerja sama dengan personel dari Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia dan TNI. 

Kapolda Bali menjelaskan bahwa pengamanan KTT AIS akan dikendalikan oleh pusat, sementara mereka bertugas sebagai backup dalam koordinasi dengan Pangdam Udayana.

"Kami di sini sebagai backup dengan pangdam Udayana. Kami backup sesuai porsi masing-masing dengan 4.000 personel," kata Kapolda Bali, Inspektur Jenderal Polisi Ida Bagus Kade Putra Narendra, Senin (2/10/2023).

Selain mengatur personel, Polda Bali juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk menyiapkan berbagai aspek menjelang forum ini. Peralatan penting untuk pengamanan telah didistribusikan ke Bali dari Polri dan TNI.

Meskipun situasi Bali saat ini relatif kondusif dan tidak menunjukkan kekhawatiran khusus, kapolda Bali menegaskan bahwa pengamanan KTT AIS akan dilakukan sesuai dengan skema tiga ring pengamanan, mirip dengan pengamanan KTT G20 pada November 2022.

"Kemarin (Minggu, 1 Oktober 2023) juga sudah dirapatkan pengamanan delegasi. Tentunya akan ada ring 1, ring 2, ring 3 persisnya sesuai G20," kata Kade Narendra.

Selain mempersiapkan personel pengamanan, Polda Bali juga telah melakukan pengecekan awal terhadap lokasi-lokasi yang akan digunakan sebagai venue KTT AIS. Forum ini akan dihadiri oleh negara-negara partisipan, Forum Kepulauan Pasifik (PIF), dan Kelompok Negara Melanesia (MSG), serta akan membahas isu-isu global terkait kelautan dengan tema "Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama." (sumber: beritasatu.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami