search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ibu PKK di Gianyar Panen Lele, Diolah Jadi Nugget untuk Balita
Jumat, 17 November 2023, 14:48 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ibu PKK di Gianyar Panen Lele, Diolah Jadi Nugget untuk Balita.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Ikan lele merupakan makanan yang manjadi konsumsi masyarakat ternyata bisa diolah menjadi nugget yang bernutrisi tinggi. Seperti yang dilakukan oleh ibu PKK Desa Petak, Kecamatan Gianyar. Makanan olahan itu bisa diberikan kepada anak-anak balita berusia 1-3 Tahun.

Perbekel Desa Petak, Anak Agung Gde Mayun Purnama, menyatakan olahan ini berawal dari program ketahanan pangan. Desa awalnya memelihara tiga kolam berisi ratusan ekor lele

"Lele kemudian diserahkan ke ibu PKK. Kemudian diberikan nugget. Diberikan ke balita untuk makanan tambahan," ujar Agung Purnama, Jumat (17/11/2023) di Kantor Desa Petak Gianyar.

Ikan lele dipanen pada awal November, kemudian dari kolam tiga kolam, desa memperoleh 100 kg. Kemudian ikan diolah dan dibersihkan tulangnya.

"Kemudian diatur dalam kegiatan PKK. Tiap enam hari kami berikan ke balita dalam bentuk nugget goreng. Ini sudah tanpa tulang," jelas dia.

Dikatakan bahwa lele punya asupan gizi yang baik. "Anak-anak sangat senang. Dikonsumsi oleh anak, kami berikan saat kegiatan timbang posyandu. Setelah itu diberikan nugget," jelas dia.

Program ini juga untuk menurunkan stunting. "Ke depan, kami akan sebar bahan ini ke rumah balita, agar pertumbuhan dan perkembangan balita baik. Tidak kena sakit dan tidak dinyatakan stunting," ujar dia.

Kini kolam akan dibersihkan kemudian diisi bibit lagi. Ke depannya, ia berharap ibu agar memberikan makanan yang bergizi ke anaknya. "Kami juga dari desa memberikan makanan tambahan," tutup dia.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami