search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sering Tak Disadari, Ini 9 Tanda-Tanda Hamil Muda
Selasa, 26 Desember 2023, 12:15 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Sering Tak Disadari, Ini 9 Tanda-Tanda Hamil Muda

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kehamilan jadi harapan hampir semua pasangan yang menikah. Hanya saja, masih banyak yang tidak menyadari tanda-tanda kehamilan apalagi di usia kandungan yang masih muda. Apa saja tanda-tanda hamil muda?

Selain menggunakan alat tes kehamilan, sebenarnya Anda dapat melihat dan merasakan tanda-tanda hamil muda. Meski demikian, tidak semua wanita mengalami gejala awal kehamilan.

Pasalnya setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Hal tersebut juga memengaruhi pengalaman kehamilan pada satu wanita dan lainnya

Adapun gejala umum yang biasakan dirasakan wanita yang hamil muda mulai dari mual dan muntah, mudah kelelahan, hingga sensitif terhadap bau-bauan tertentu.

Apabila Anda ingin mengetahui apa saja gejala lain yang umumnya terlihat saat hamil muda, simak tanda-tandanya di bawah ini, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Telat haid

Mengutip Healthline, telat haid merupakan tanda awal kehamilan yang paling umum. Terutama jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur.

Haid yang tak kunjung datang juga dianggap sebagai pertanda usia kehamilan satu minggu. Namun, untuk memastikan lebih baik Anda melakukan tes kehamilan.

2. Perubahan payudara

Mengutip WebMD, perubahan payudara termasuk tanda awal kehamilan. Kadar hormon wanita berubah dengan cepat setelah pembuahan.

Karena perubahan tersebut, payudara bisa menjadi bengkak, sakit, atau kesemutan satu atau dua minggu kemudian. Payudara juga mungkin terasa lebih berat atau berisi dan lembut saat disentuh.

Area di sekitar puting, yang disebut areola, juga bisa menjadi gelap.

Hal lain bisa menyebabkan perubahan payudara. Tetapi jika perubahan tersebut merupakan gejala awal kehamilan, perlu diingat bahwa perlu waktu beberapa minggu untuk membiasakan diri dengan tingkat hormon yang baru. Namun jika demikian, nyeri payudara akan mereda.

3. Muncul bercak darah

Salah satu tanda-tanda hamil muda lainnya adalah muncul bercak darah. Setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim sehingga menimbulkan pendarahan yang disebut implantasi.

Biasanya bercak ini terjadi pada 6 hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi. Bercak tersebut juga umumnya disertai dengan kram perut ringan. Banyak wanita yang tidak menyadarinya sebab mengira jika hal tersebut merupakan gejala menstruasi.

4. Mual

Mual yang sering terjadi di pagi hari atau dikenal dengan istilah morning sickness merupakan gejala yang dialami beberapa wanita di awal kehamilannya. Penyebabnya, kemungkinan karena hormon.

Selain mual, beberapa wanita juga menginginkan memakan sesuatu atau disebut ngidam selama masa kehamilan. Umumnya, rasa mual dan keinginan untuk memakan sesuatu ini akan berkurang sekitar minggu ke-13 atau ke-14 kehamilan.

5. Sering buang air kecil

Bagi banyak wanita, ini dimulai sekitar minggu keenam atau kedelapan setelah pembuahan. Meskipun hal ini dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, diabetes, atau penggunaan diuretik, jika Anda hamil, kemungkinan besar karena kadar hormonal.

6. Mudah lelah

Tanda-tanda hamil muda selanjutnya adalah mudah lelah. Hal ini terjadi karena tubuh tengah melakukan penyesuaian pada kondisi baru.

Saat hamil muda, aliran darah meningkat sekitar 3-50 persen sehingga menambah kerja jantung dan menyebabkan kelelahan.

7. Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati atau dikenal juga dengan istilah mood swing juga kerap dialami oleh wanita di masa awal kehamilannya. Salah satu contohnya adalah menjadi mudah menangis.

Penyebabnya sendiri karena hormon estrogen dan progesteron yang meningkat di dalam tubuh sehingga memberi dampak pada perubahan emosi.

8. Perut kembung

Ada kalanya seseorang yang baru hamil merasakan perutnya kembung. Biasanya kondisi ini ditandai dengan seringnya serdawa.

Hal ini terjadi disebabkan perubahan hormon yang mengganggu sistem pencernaan.

9. Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar memang merupakan tanda jika tubuh sedang kekurangan cairan dan serat. Selain itu, sembelit juga bisa jadi pertanda kehamilan.

Hal itu karena perubahan hormon pada tubuh di awal masa kehamilan yang dapat memperlambat kerja sistem pencernaan, alhasil pencernaan tersumbat dan menyebabkan sembelit.

Demikian 9 tanda-tanda hamil muda yang sering kali tak disadari. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami tanda-tanda di atas.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami