search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
49 Resep Sambal Rahasia Raja Bali Disajikan Dalam Festival Ini
Senin, 8 April 2024, 12:56 WITA Follow
image

beritabali/ist/49 Resep Sambal Rahasia Raja Bali Disajikan Dalam Festival Ini.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Masyarakat Indonesia terkenal memiliki kecintaan yang besar terhadap makanan pedas. 

Karalter ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner tanah air selama bertahun-tahun. Mulai dari yang muda hingga yang tua, setiap generasi di Indonesia mengidamkan cita rasa pedas yang khas. 

Bahkan, kecintaan ini mulai ditanamkan sejak usia dini kepada anak-anak, menjadikan Indonesia sebagai pasar yang terus menerus mengalami permintaan tinggi terhadap cabai.

Bali, salah satu tujuan wisata yang menawarkan berbagai destinasi petualangan, terkenal dengan cita rasa kuliner yang pedas. Di Bali, sambal bukan hanya sekedar pelengkap, namun menjadi elemen utama yang membangkitkan cita rasa otentik dari hidangan-hidangan tradisional Bali. 

Selain itu, Bali juga terkenal dengan berbagai kerajaan yang hidup berdampingan, mencerminkan toleransi dan keragaman budaya di Bali. 

Sebagai salah satu pusat kekuasaan dan kebudayaan Nusantara, jejak sejarah kerajaan Bali masih terlihat jelas hingga saat ini dalam bentuk pura, istana, hingga cita rasa kuliner tradisional yang diwarisi secara turun-temurun.

Berbagai kerajaan di Bali masing-masing memiliki resep sambal rahasia yang dulu hanya disajikan kepada para raja Bali, namun sayangnya banyak dari resep-resep sambal tersebut tidak banyak diketahui oleh masyarakat. 

Maka, Bali Royal Chili Festival dihelat dengan tujuan melestarikan kuliner kerajaan Bali beserta 49 resep sambalnya yang unik. 

Bekerjasama dengan beberapa Puri, sebutan untuk keluarga kerajaan Bali, Taman Safari Indonesia telah berhasil mengumpulkan kembali resep-resep sambal rahasia yang dulunya hanya dinikmati oleh keluarga kerajaan. 

Resep-resep berharga ini dihidupkan kembali dalam festival ini, memungkinkan para tamu untuk menikmati cita rasa otentik dari berbagai kerajaan di Bali.

“Taman Safari Indonesia mengadakan Bali Royal Chili Festival untuk melestarikan budaya kuliner Indonesia dan mempromosikan keanekaragaman hayati. Sebagai pecinta satwa liar dan pecinta budaya lokal, kami sadar akan pentingnya menjaga warisan kuliner tradisional, seperti resep-resep sambal istimewa dari kerajaan Bali," jelas, Direktur Marketing, Taman Safari Indonesia, Hans Manansang, Minggu (7/4/2024) di Lebih, Gianyar.

Melalui festival ini, tentu ingin mempertahankan keaslian kuliner Bali dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kekayaan budaya dan alam Indonesia. 

"Bali Royal Chili Festival adalah, komitmen kami  dalam mengambil peran pada konservasi dan pelestarian. Selain melestarikan konservasi satwa, festival ini juga melestarikan sambal sebagai warisan budaya Bali,” ujarnya.

Dirinya memaparkan, Ada 49 resep sambal dari kerajaan Bali disajikan di Bali Royal Chili Festival, meliputi, Sambal Matah, Sambal Embe, Sambal Tomat, Sambal Lalah, Sambal Sere Lemo, dan Sambal Kecap dari Puri Kaliungu (Kota Denpasar); Sambal Pangi, Sambal Kecombrang, Sambal Kemangi, dan Sambal Belimbing Wuluh dari Puri Klungkung.

Sambal Mekeber, Sambal Tomat, Sambal Mercon, Sambal Bawang, Sambal Terasi, Sambal Belimbing Wuluh dari Puri Kerambitan (Kabupaten Tabanan); Sambal Lendok, Sambal Sere Metunu, Sambal Cabe Hijau, Sambal Kredek, dan Sambal Pemelecingan dari Puri Agung Karangasem (Kabupaten Karangasem).

Hingga Sambal-sambal dari Puri Jro Kuta (Kab. Denpasar), Puri Parean (Kab. Tabanan), Puri Bongkasa (Kab. Badung), dan Puri Ageng Marga (Kab. Tabanan) juga akan disajikan dalam festival ini.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, Bintang Puspayoga dalam sambutanya menyampaikan, Perempuan tidak identik hanya membuat sambal saja, tetapi bagaimana keahlian ini dapat menjadi peluang bisnis ke depannya sehingga, mampu menopang pendapatan rumah tangga ke depannya.

"Dapat dikembangkan sebagai peluang bisnis nantinya. Tentunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pemasarannya saat ini," pesannya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami